Metode PQ4R dalam Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR)
Abstrak
Pemahaman membaca adalah keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran dan juga kehidupan kita. Dengan kemampuan pemahaman membaca ini, seseorang juga dapat memperoleh informasi dengan lebih efektif, mengembangkan pengetahuan, serta memahami sudut pandang dan pengalaman orang lain yang dapat memperkaya pemikiran dan pandangan dunia mereka. Dan metode PQ4R merupakan solusi dari permasalahan dari kurangnya kemampuan pemahaman membaca, langkah-langknya yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk melakukan kajian literatur review terkait metode PQ4R dan juga pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman membaca pada siswa SD. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Semua artikel penelitian yang telah melakukan penelitian serupa dimasukkan ke dalam laporan penelitian untuk mendapatkan data. Artikel jurnal penelitian yang dimanfaatkan pada penelitian ini adalah 21 artikel jurnal nasional dan 1 artikel internasional. Artikel-artikel tersebut diperoleh dari database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian dari beberapa artikel jurnal yang sudah dikaji, menurut banyak penelitian yang dianalisis tentang penggunaan metode PQ4R yaitu metode PQ4R dapat meningkatkan pemahaman membaca, dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Pada hasil analisis dari beberapa penelitian, metode PQ4R tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca tetapi dapat juga digunakan pada materi pelajaran yang lain.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Firly Istiqomah, Dase Erwin Juansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.