Metode PQ4R dalam Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR)

  • Firly Istiqomah Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Dase Erwin Juansah Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Pemahaman membaca adalah keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran dan juga kehidupan kita. Dengan kemampuan pemahaman membaca ini, seseorang juga dapat memperoleh informasi dengan lebih efektif, mengembangkan pengetahuan, serta memahami sudut pandang dan pengalaman orang lain yang dapat memperkaya pemikiran dan pandangan dunia mereka. Dan metode PQ4R merupakan solusi dari permasalahan dari kurangnya kemampuan pemahaman membaca, langkah-langknya yaitu Preview,  Question,  Read,  Reflect,  Recite, dan  Review. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk melakukan kajian literatur review terkait metode PQ4R dan juga pengaruhnya terhadap kemampuan pemahaman membaca pada siswa SD. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Semua artikel penelitian yang telah melakukan penelitian serupa dimasukkan ke dalam laporan penelitian untuk mendapatkan data. Artikel jurnal penelitian yang dimanfaatkan pada penelitian ini adalah 21 artikel jurnal nasional dan 1 artikel internasional. Artikel-artikel tersebut diperoleh dari database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian dari beberapa artikel jurnal yang sudah dikaji, menurut banyak penelitian yang dianalisis tentang penggunaan metode PQ4R yaitu metode PQ4R dapat meningkatkan pemahaman membaca, dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Pada hasil analisis dari beberapa penelitian, metode PQ4R tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca tetapi dapat juga digunakan pada materi pelajaran yang lain.

Kata Kunci: Metode PQ4R, Pemahaman Membaca, Systematic Literature Review (SLR)

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Istiqomah, F., & Juansah, D. E. (2024). Metode PQ4R dalam Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 178-186. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1166
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 166 times
PDF downloaded: 150 times

Referensi

Abd. Malik Dachlan. (2023). Implementasi Metode PQ4R dalam Meningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS di MI An Nur Junwangi Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 167-176. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.65.

Apreasta, L. . (2023). Pengembangan Buku Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi PQ4R di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1840–1846. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5496.

Arifa, L. W. (2021). Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Menemukan Makna Tersirat Suatu Teks di Kelas VI SDN Sukorejo 3 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 355-366. https://doi.org/10.28926/jprp.v1i2.151.

Ayu, S. N., Hartati, T., & Rengganis, I. Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 359-369. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22943.

Azzahra, F., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 211–217. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.121.

Damayanti, N. (2020). Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 186–192. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.151.

Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi SD. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, Vol.7 No.1. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544.

Faradita, M. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA di SD Dengan Menggunakan Metode PQ4R. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2893.

Finiza, R. T., Rezkita, S., & Wardani, H. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode PQ4R Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Gemawang. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 88-95. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11306.

Firman, Terampil Menulis Karya Ilmiah (Makassar, Indonesia: Aksara Timur, 2018).

Friska, M., Damanik, A. R., & Sinaga, A. B. (2023). Pengaruh Metode Pq4r Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 10-15.

Ginanjar, D. R., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2019). Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 140-152.

Husain, M. F., & Sumadi, C. D. (2024). Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Dinoyo. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2). https://doi.org/10.62281/v2i2.192.

Julaeha, S., & Marfua'ah, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pq4r Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 6(2), 129-134. http://dx.doi.org/10.31949/th.v6i2.3550.

Kandupi, A. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf dengan Teknik Membaca Intensif di SD Negeri Bambalo. Jurnal Paedagogy, 8(2), 241-255 https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3482.

Kusumajati, A. P., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R di Kelas 3B SD Negeri Telukan 02. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 291-297. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.241

Kusumawanti, L. T., & Nartani, C. I. (2019). Peningkatan Keterampilan Memahami Informasi Teks Nonfiksi Menggunakan Metode PQ4R Pada Siswa Kelas Iv Sd N Gondolayu. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V5I3.6120.

Maulana, P., & Akbar, A. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar (PESONA DASAR, 2017).

Meirisa, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1683-1690. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.326.

Ni Wyn. Arini, L. E. Y. I. N. W. (2013). Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.928.

Putri, A. R., Suteng, B., & Eunice Widyanti, S. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran PQ4R dan SQ3R terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Gugus Diponegoro pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(3), 388-401.

Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13.

Saepudin, A., Syaripudin, T., & Heryanto, D. Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 44-52. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v6i2.40031.

Suciati, T. . (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Dengan Penerapan Metode PQ4R di Kelas 5 SDN Bunihayu 1 Jalancagak Subang Tahun Pelajaran 2018-2019. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 3(02), 232–239. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/838

Sueca, I. N. Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa (Bali, Indonesia: Nilacakra, 2021).

Suhartini, T., & Samsudin, A. (2023). Penggunaan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Harapan Mulya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2638 - 2649. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.565.

Sumaryani, L., Rusijono, R., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh penerapan strategi Pq4R menggunakan media flip book terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di era pandemi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 111-125. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.141.

Suryanto, E. (2023, December). Educational Comics Based-Local Folktales and Its Effects on Reading Literacy of Rural Primary School Students. In 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022) (pp. 1066-1076). Atlantis Press.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Triandono, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Peristiwa Sumpah Pemuda Melalui Metode Belajar PQ4R. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 241–258. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1316.

Wahyudi, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pq4rterhadap Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 33-55. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.99.

Wijaya, I.M.A.P., Wirya, N., & Suwatra, I.I.W. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan. E-Journal Edutch Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), hlm. 1-10.