Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V

  • Ajeng Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana model PjBL memengaruhi keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen desain posttest only control design. Angket dan lembar observasi adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan sampel jenuh sebab seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN 2 Tawangbanteng untuk kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas 5 SDN 1 Sukaratu untuk kelas kontrol. Analisis data dilakukan dimulai dari uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial. Uji statistik inferensial terdiri dari uji uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample test. Kemudian, untuk mengukur seberapa besar pengaruh menggunakan effect size dengan rumus Cohen. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif memperoleh 15 siswa dengan kriteria sangat kolaboratif pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol memperoleh 9 siswa dengan kriteria kolaboratif. Hasil uji statistik inferensial menunjukan nilai sig 0,003<0,05 artinya Ho ditolak H1 diterima. Maka terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara siswa yang belajar menggunakan model PjBL dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil uji effect size memperoleh nilai 0,79 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas 5.

Kata Kunci: PjBL, Keterampilan Kolaborasi, IPA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-24
Bagaimana cara mengutip:
Anggraeni, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1491-1496. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1131
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 42 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Aeni, A. N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Guru SD Melalui Pelatihan Convert Powerpoint Menjadi Media Pembelajaran Aplikasi Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 384–397. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i2.2656

Aeni, A. N., Dewi, C. K., & Utami, L. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Bahri (Berkalimah Tayibah Sehari-hari) Berbasis Renderforest tentang Kalimat Tayibah di Sekolah Dasar. AS-SABIQUN, 6(3), 467–480. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i3.4698

Aeni, A. N., & Muhtar, T. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 1–12.

Anjani, R., & Jailani, J. (2023). Pengaruh Cooperative Learning Tipe NHT Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Kolaborasi, dan Komunikasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6966

Budiman, A., Taufik, A., & Sahunah, U. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas 3 Sd Negeri Bantarkawung 03 Melalui Pendekatan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Improvement Of Collaboration Skills Of 3rd Grade Students At Sd Bantarkawung 03 Through A Project-Based Learning Approach In Learning Mathematics.

Cahya, F., Paradisa, Utami, W., Azizah, W. A., Widodo, S. T., & Pujiarti, T. (2024). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik dalam Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 6801–6814.

Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Francisca, Aeni, A. N., & Nugraha, D. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Media Puzzle Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Puasa Ramadhan. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2338–2352. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8268

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI: Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset , 1(2), 83–87.

Ismail A, & Gumilar, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMK. Petik, 5(2), 9–17.

Kelana & Pratama. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains.

Lutfiana, H., & Lestari Handayani, S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Kotak Rantai Makanan Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas 5 SDN Batu Ampar 09 Pagi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 2548–6950.

Mariamah, S., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2021). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini.

Muzzilawati, S., Aeni, N. A., Hanifah, N., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Potret Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips (Vol. 2, Issue 1).

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Pruistin, W. A., Hanifah, N., & Aeni, A. N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Media KADO (Kartu Budaya Indonesia) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 279–288. http://jurnaledukasia.org

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Rahayu, P., Sritumini, J. ; S. A., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis (Vol. 5, Issue 2).

Saenab, S., Yunus, S. R., Husain, & Daeng Tata Raya Kampus FMIPA Parangtambung, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA.

Sari, R. N., & Atiningsih. (2023). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Tata Surya. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.550

Satria Dewi Pendit, S., & Putu Devi Handayani, N. (2024). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Journal of Elementary Education, 07.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syalfirah, V., Aeni, A. N., & Hanifah, N. (2024). Penerapan Game Ular Tangga Berbasis Peta Kebudayaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. Else: Elementary School Education Journal, 8(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/

Trisnawati, I. W., Jayadinata, A. K., Sunaengsih, C., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2020). Perspektif Guru dalam Penerapan Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Kolaborasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Kecamatan Cisitu. In Jurnal Pena Ilmiah (Vol. 3, Issue 2).

Yanto, N., Mutia, S., Muhiddin, A., & Arsyad, A. A. (2023). Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA. In Science, and Technology (J-HEST (Vol. 5).