Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Kabun

  • Desi Arni Natalina Br Siburian Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Muhammad Mukhlis Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Peranan penting guru dalam merencanakan Asesmen yang baik agar dapat di berikan kepada peserta didik untuk mengukur kemempuan dasarnya, pelaksanaan Asesmen, serta hasil dan evaluasi/tindak lanjut kepada peserta didik setelah melakukan Asesmen Diagnostik. Hal apa saja  yang dilakukan guru untuk menghasilkan Asesmen yang baik serta hambatan dan kendala yang dialami selama menyusun dan melaksanakan Asesmen Diagnostik ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang dilakukan pendidik untuk menerapkan dan melaksanakan Asesmen Diagnostik di sekolah dari tahap penyusunan, pelaksanaan hingga hasil evaluasi dan tindak lanjut yang dilakukan serta mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing peserta didik. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang Implementasi Asesmen Diagnostik di SMA N 1 Kabun. Mengetahui apa saja kendala yang dialami selama pelaksanaan Asesmen Diagnostik di SMA N 1 Kabun. Setelah mengetahuinya maka pendidik akan dengan mudah menentukan model pembelajaran yang akan dilakukan pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini Asesmen Diagnostik dalam Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Kabun sangat membantu guru dalam mengajar, dan membuat para  peserta didik mengetahui dan dapat mengukur kemampuan dasar diri sendiri, dan peserta didik juga menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. Meskipun para guru memiliki berbagai hambatan dan kendala dalam melaksanakan Asesmen Diagnostik ini, tetapi sejauh ini pelaksanaan nya sudah cukup baik  dan menunjukkan hasil yang maksimal.

Kata Kunci: Implementasi, Asesmen Diagnostik, Kurikulum Merdeka

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-17
Bagaimana cara mengutip:
Siburian, D. A. N. B., & Mukhlis, M. (2024). Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Kabun. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1921-1929. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1095
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 117 times
PDF downloaded: 122 times

Referensi

Agustina, Melli, M Anggrayni, and Agus Saputra. 2022. “Engembangan Media Video Animasi Berbasis KineMaster Muatan IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas V Sekolah Dasar Melli.” 6(4): 7644–56

Andayani, A., Maret, U. S., & Maret, U. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP ( Implementation of Independent Curriculum in Learning Indonesian Language in Junior High School ). 1, 59–69.

Ayuni, M. Di, Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Analisis Karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik (Studi kasus : kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 3961–3976.

Aslihah, A., Nugraha, E., & Hilmiyati, F. (2023). Pengembangan Asesmen Diagnostik Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 767-773.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20-29.

Azrina, N. M., Rohana, S., Intiana, H., & Efendi, M. (2021). Impelementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 01 Wanasaba Implementation of The Independent Curriculum in Indonesian Language Learning at Smp Negeri 01 Wanasaba. 4–23.

Dewi, N. L., & Prasetyowati, D. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4979-4994.

Diagnostik, A., Merdeka, K., Negeri, S. D., Ode, W., & Maut, A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di. 02(4), 1305–1312.

Firdaus, N. N., Mulyadiprana, A., Rijal, M., Muharram, W., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2024). Analisis asesmen diagnostik kognitif materi geometri di kelas IV sekolah dasar. 07(01), 170–177.

Melani, A., & Gani, E. (2023). implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMP negeri 16 padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.

Melia Anggraeni, & Muhammad Mukhlis. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 313–325. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355

Nalaratih, D. A. (2018). Hubungan Antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dengan Perilaku Sosial Remaja Awal Kelas VI Di MI Al-Islam Kartasura Sukoharjo Tahun 2018. Skripsi: http://eprints. iainsurakarta. ac. id/2040/. IAIN Surakarta.

Nugroho, D., Febriantania, P., & Ridaningsih, I. (2023). A Sistematic Literature Review : Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. 9(2).

Nurkholidha, P., Khanza, R. P., Alyamar, U. U., & Mukhlis, M. Hambatan Guru Bahasa Indonesia SMAN 6 Pekanbaru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 54-63.

Putri, E. S., & Rinaningsih, R. (2021). Review: Tes Diagnostik Sebagai Tes Formatif Dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p20-27

Rahman, A., Irawan, L. A., & Arrafii, M. A. (2023). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP Negeri dan SMA Negeri : Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kab . Lombok Tengah Implementation of Diagnostic Assessment in English Subject at Public Junior High Schools and P. 5(2), 487–497.

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873-2879.

Sugiarto, S., Adnan, Aini, R. Q., Suhendra, R., & Ubaidullah. (2023). Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, A., & Jakarta, U. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Gunung Sindur. 2(1), 216–224.

Wiryateja, I., & Hartati, R. D. (2023). Strategi Asesmen Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka di SMP. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(2), 79–85. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i2.2684

Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Infokom Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7).