Pengembangan E-book “Kawan” dalam Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Rina Riana Amelia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter dan rasa nasionalisme serta menambah wawasan tentang lagu wajib nasional di sekolah dasar. Studi ini berfokus pada pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional kepada siswa di sekolah dasar menggunakan media berupa E-book Kawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan design and development yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, and disseminate. Subjek penelitian terdiri dari 55 siswa yang dibagi kedalam tiga uji coba yang dilakukan, yaitu uji coba perorangan dengan jumlah siswa 10 orang, uji coba kelompok kecil dengan jumlah siswa 15 orang, dan uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan yang sudah dilakukan, dengan menggunakan angket respon siswa dan angket validasi para ahli dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book kawan ini memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan nilai sebesar 92,5% dari hasil validasi ahli. Lalu dari angket respon siswa pun diperoleh hasil sebesar 96,1% dari uji coba perorangan, dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 93,8%, dan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil sebesar 92,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa e-book kawan masuk kedalam kategori “sangat layak” dan bisa dijadikan media bantu dalam menanamkan karakter dan rasa nasionalisme.

Kata Kunci: e-book, lagu wajib nasional, pengembangan, karakter, nasionalisme

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Amelia, R. R., Nugraha, R. G., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan E-book “Kawan” dalam Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1154-1160. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1060
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 185 times
PDF downloaded: 228 times

Referensi

Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-

Nashikhah, A.J.L. (2019). Pengembangan Buku Panduan Pembiasaan dan Pengembangan Budaya Literasi di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159-175. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7096

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Julia, J., Supriatna, E., Isrokatun, I., Aisyah, I., Hakim, A., & Odebode, A. A. (2020). Moral education (2010-2019): A bibliometric study (Part 2). Universal Journal of Educational Research, 8(7), 2954–2968. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080724

Karakt, M., Bangsa, E. R., Pack, P. D. F., Karakt, P., & Ahamad, P. (2018). Pendidikan Karakter Imam Gunawan. Jurnal Pendidikan, 2, 3333.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Setiadi, G. (2019). Eksegesis Syair Lagu Wajib Nasional Berdasarkan Kajian Hermeneutik Guna Memahami Makna Dan Pesan Kepahlawanan Untuk Penanaman Karakter Pada Anak. Jurnal Heritage, 7(1), 10-22. https://doi.org/10.35891/heritage.v7i1.1568

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135-146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Suardi, A. A., Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Dengan Media Aplikasi Sibelius 7.1.2 Di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Sitakara, 7(2), 267–280. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9051

Thiagarajan. (1974). Thiagarajan Book Pdf. https://dwijanto77.wordpress.com/wp-content/uploads/2013/04/thiagarajan.pdf

Vikriawati, Nurrochmah, A., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Lagu Wajib Nasional di Kelas Rendah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 32-43. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.9859

Wisnarni. (2017). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Eksrakulikuler Berbasis Kebiasaan Pada SDN No 199/Iii Koto Majidin Hilir. Jurnal Tarbawi, 3(119), 51–63.

Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi pembelajaran lagu nasional pada pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 117–121. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1552

Yusri, D. & Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618