Pengaruh Discovery Learning terhadap HOTS dan Karakter Sosial pada Pembelajaran IPS

  • Nur Hidayati Universitas Terbuka, Kabupaten Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nurul Umamah Universitas Negeri Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Mohammad Imam Farisi Universitas Terbuka, Kabupaten Jember, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model discovery learning terhadap HOTS dan karakter sosial siswa SD kelas IV pada pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan Kelas IV B sebagai kelas kontrol. Tes pretest-posttest diberikan dalam kursus penelitian dan dokumentasi kelas dua sebagai komponen proses pengumpulan data. Uji t digunakan untuk menilai hipotesis setelah uji homogenitas dan normalitas yang sesuai telah diselesaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan HOTS dan karakter sosial siswa. Nilai Sig sebesar 0,00 < 0,05 ditunjukkan dari hasil uji Paired Sample T-test. Sehingga, keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sangat berbeda. Berdasarkan data angket pengaruh model discovery learning terhadap karakter sosial siswa, kelompok sedang memperoleh skor rata-rata sebesar 45,5 yang menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap karakter sosial siswa.

Kata Kunci: Discovery learning, Higher Order Thinking Skills (HOTS), karakter sosial siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-06
Bagaimana cara mengutip:
Hidayati, N., Umamah, N., & Farisi, M. I. (2024). Pengaruh Discovery Learning terhadap HOTS dan Karakter Sosial pada Pembelajaran IPS . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 972-980. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.998
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 87 times
PDF downloaded: 80 times

Referensi

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Alfath, K., & Laela, F. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Anzar, W. O. S. A. P., & Lestari, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 91–95. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.261

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, 1–87. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Fi’liyah, R. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Di MI SABILIL KHOIR PORONG-SIDOARJO. 1–179. http://etheses.uin-malang.ac.id/14830/1/151401115.pdf

Heri, Evayenny, & Venny. (2021). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Peduli Sosial Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 769–774.

Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276

Hidayati, A. U., & Retnawati, H. (2018). The effectiveness of the PBL approach and the scientific approach in terms of HOTS and character [Keefektifan Pendekatan PBL Dan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari HOTS Dan Karakter]. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326

Ishak, M., Dyah Jekti, D. S., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sdn 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1), 5–10. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326

Kholid Yusuf, K. Y. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Hots Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Garung Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(1), 41. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i1.44

Khusnul, F., & Ferina, A. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 4(1), 192–198. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/594%0Ahttp://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/594/409

Noma, Prayitno, S. (2016). PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA Problem Based Learning to Improve HOTS of High School Students. Bioedukasi, 9(2), 62–66.

Ponikem. (2020). Stimulasi High Order Thinking Skills (Hots) Dengan Task-Based Learning Dalam Pembelajaran Teks Information Report. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 82–90.

Rombe, Y. P., & Saharun, M. (2023). Ulasan : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia. 7(2), 1–6.

Rosyadi, M. I., & Suyantiningsih. (2020). Korelasi Antara Persepsi Pengelolaan dan Layanan Pustaka dengan Motivasi Belajar di Digital Library UNY. Jurnal EPISTEMA, 01(01), 59–67. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32489

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.

Supartinah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery dengan Metode Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 1–9. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/50

Sutrisno. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Mipa 5 Sma N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 58–71. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.69

Tiara, N. (2017). Pembentukan karakter baik dan kuat dan perubahan perilaku sosial santri melalui program santri siap guna: Studi di Daarut Tauhiid. Skripsi, Tidak Dipublikasikan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744