Challenges of the Digital Age for Parents and Teachers in the Development of Personalities of Students of SMP Negeri 1 Sambi

  • Nita Safitri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Mutohharun Jinan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Setiap orang di seluruh dunia, termasuk siswa, telah dipengaruhi oleh perkembangan pesat media digital karena kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi. Setiap orang memiliki personalitas yang unik. Namun, secara umum, personalitas dapat dibagi menjadi dua kategori: baik dan buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan yang dihadapi orang tua dan guru dalam era digital dalam pengembangan personalitas siswa di SMP Negeri 1 Sambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik pengolahan data intensif. Data yang digunakan termasuk observasi, studi dokumen, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru siswa SMP Negeri menghadapi tantangan yang lebih kompleks dalam membangun personalitas anak-anak di era digital saat ini, seperti informasi yang tidak terkontrol, informasi yang mudah diakses, dan pengaruh lingkungan digital yang kuat. Selain itu, penggunaan media digital juga memiliki efek yang signifikan, termasuk efek positif dan negatif terhadap kehidupan siswa SMP Negeri 1 Sambi. Orang tua, guru, dan sekolah harus berperan untuk meminimalisir efek negatif dari media digital terhadap perkembangan personalias siswa.

Kata Kunci: Tantangan, Era Digital, Personalitas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-15
Bagaimana cara mengutip:
Safitri, N., & Jinan, M. (2024). Challenges of the Digital Age for Parents and Teachers in the Development of Personalities of Students of SMP Negeri 1 Sambi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 815-824. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.985
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 87 times
foto (English) downloaded: 39 times

Referensi

Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh. JCommsci, 1-14. https://doi:10.29303/jcommsci.v4i2.120

Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori, dan Aplikasinya". Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI): Medan.

Husain, B. A., & Santoso, A. B. (2022). Analisis Kepatuhan Karyawan terhadap Pemberlakuan Prosedur Operasional Standar (SOP) pada Perusahaan Baru (Studi Kasus pada PT. Prina Duta Rekayasa) Kota Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 105–113. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i2.154

Irmania, E., Trisiana, A., Salsabila, C., Studi, P., Pancasila, P., Slamet, U., & Surakarta, R. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia Seperti Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan , mengingat Indonesia Bangsa Indonesia memiliki beragam budaya yang tak terhitung jumlahnnya . patut dilirik bangsa lain. 23(1), 148–160. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Kurniawan, H. (2021). Good and Clean Government Pada Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Teoritis & Praktis) (Y. Hidayat (ed.); 1st ed.). Mitra Karya.

Liu, S.-M., Chang, F.-C., Chen, C.-Y., Shih, S.-F., Meng, B., Ng, E., Hsu, C.-H., Chiang, Y.-T., Mao, X.-J., Yi, M.-Y., LePage, B., & Fang, W.-T. (2021). Effects of Parental Involvement in a Preschool-Based Eye Health Intervention Regarding Children’s Screen Use in China. Environmental Research and Public Health, 18(1330). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph182111330

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058

Nur Arafah, N., Kamilatunaimah, M., Huang, C., Fahlevi, R., Internasional Batam, U., & Gajah Mada Baloi Sei Ladi, J. (2022). Strategi Digital Marketing Menggunakan Media Sosial dan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis UMKM Yasmin’s Brownies. Media Eletronik), 1(4), 259–271. https://journal.yp3a.org/index.php/manabis

Rahayu, D. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Retrieved from https://ecampus-fip.umj.ac.id/h/umj/R8GaZXoDLoOlzhpQ2dN3pA.pdf

Rijal, F., Kanada, R., & Izzatin, R. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SD Negeri 1 Langenharjo. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 105–114. https://journal.unnes.ac.id/

Ritonga, A. W. (2022). Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education in the Digital Era. Indonesian Values And Character Education Journal, 5(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729

https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6820

Rohmawati, I. N. (2018). Evaluasi Keamanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Indeks Keamanan Informasi (Kami Versi 3.1) (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Daerah Xyz).

Shnai, I. (2017). Systematic Review of Challenges and Gaps in Flipped Classroom Implementation: Toward Future Model Enhancement. Lappeenranta University of Technology, November.

Suprapto, Y. (2016). Teori dan Prinsip Ips dalam Perspektif Geografi di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 5(1), 11–23. https://www.e-jurnal.com/2017/06/teori-dan-prinsip-ips- dalam-perspektif.html

Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2021). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(02), 42–49. https://doi.org/10.59174/mqs.v1i01.3

Surveyandini, M., & Wijayanto, W. (2023). Strategi Pemasaran Umkm Yang Efektif Di Era Digitalisasi. WIKUACITYA: Jurnal …, 02(01), 10–14. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.42

Waluyo, D. (2021). Dinamika Seni Tradisional pada Era Digital. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 161-172. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4523

Yani, F. A. (2021). Tantangan Parenting Orang Tua Muslim dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik Akhlak Anak di Era Digital di SMP Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. An-Nizom, 257-263. http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.4993