Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Konsep IPSAC menggunakan Powerpoint Interaktif Materi ASEAN Country

  • Andini Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • J. Julia Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan rancang bangun pembuatan media pembelajaran IPS di MI Al-Mu’awanah Kota Bekasi dalam mengantisipasi kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih mudah dipahami siswa kelas VI dalam materi ASEAN Country, tujuan dari pembuatan media pembelajaran inovatif dengan metode komputer menggunakan powerpoint interaktif. Model penelitian pengembangan ini menggunakan penelitian Model ADDIE prosedural dengan melalui lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis Analyze, Desain Design, Pengembangan Development, Implementasi Implementation, dan Evaluasi Evaluation, metode penelitian dengan metode kualitatif deskriptif, hasil penelitian pada kelompok kecil mendapat nilai Postest siswa meningkat  sebesar 0.55 berada direntang 0.3 ≤ g ≤0.70 artinya Cukup Layak dari pretest hasil belajar menggunakan NGain Score, validasi ahli media dengan kriteria baik atau layak sebesar 80% dari derajat penilaian dan nilai validasi cukup tinggi sebesar 84% derajat penilaian oleh ahli materi. Validasi instrument angket pada ujicoba penilaian tanggapan kelompok kecil dengan Cronbach’s Alpha, rata-rata validasi Produk pada ujicoba kelompok kecil adalah 0.9623 > Nilai rtabel 0.3783, rtabel pada df 20 = N-2 =20-2=18, sebesar 0.05=0.3783 berati rhitung valid, Cronbach’Alpha sebesar 3714.00 > 0.70, maka instrumen tes dinyatakan reliable.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Powerpoint interaktif, ADDIE

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-15
Bagaimana cara mengutip:
Putri, A. E., Julia, J., & Hanifah, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Konsep IPSAC menggunakan Powerpoint Interaktif Materi ASEAN Country. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 825-835. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.979
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 117 times
PDF downloaded: 84 times

Referensi

Ananda, Rusydi, and Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan.

Fahrurrozi, Muh, and H. Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis Dan Praktek. Vol. 51.

Hanifah, Nurdinah. (2014). Membuka Pikiran Menuju Keterpaduan. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 108–12.

Joko Widiyanto. (2014). Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 13.

Juneli, Juni Artha, Atep Sujana, and J. Julia. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik Sd Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(4), 1093. doi: 10.33578/jpfkip.v11i4.9070.

Maulana, Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–50.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.

Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, and Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran.

Suliswiyadi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Konsep & Aplikasi).

Taufik Rusmayana. (2021). Integrasi Pedati Model ADDIE.

Tedi Priatna. (2018). Statistika Pendidikan. Vol. 1.

Yulia Siska. (2016). Konsep Dasar IPS.