Coaching Model GROW ME untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Kegiatan Mengajar di TK Kristen Petra

  • Aning Irawati Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Hery Winoto Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Takim Andriono Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Kreativitas guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kompetensi guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Guru PAUD wajib memiliki seperangkat sikap dan pengetahuan serta keterampilan dalam meningkatkan rangsangan terhadap semua aspek perkembangan anan usia dini. Kreativitas sebagai kemampuan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Hasil observasi menunjukkan kreativitas guru di TK Kristen Petra rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode coaching model GROW ME dalam meningkatkan kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar di TK Kristen Petra Jombang Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang merujuk pada model Kemmis and Mctaggart. Penelitian dilakukan  dalam dua siklus menggunakan tahapan plan-action-observe-reflect pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan coaching model GROW ME dapat meningkatkan kreativitas guru dalam kegiatan belajar dan mengajar di TK Kristen Petra. Pada siklus I terjadi peningkatan kreativitas pada 9 subyek penelitian dengan intensitas cukup baik, yakni rata-rata mengalami peningkatan sebesar 12,4 %, namun untuk terus menguatkan hasil kembali dilakukan tahapan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II kembali menunjukkan peningkatan yang beragam dan hampir merata rentang kenaikan diantara 9 subyek penelitian. Pendampingan perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk semakin menguatkan hasil.

Kata Kunci: Coaching, GROW ME, Kreativitas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Irawati, A., Winoto, H., & Andriono, T. (2024). Coaching Model GROW ME untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Kegiatan Mengajar di TK Kristen Petra. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1338-1344. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.960
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 35 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

Feldman, D. C., & Lankau, M. J. 2005. Executive Coaching: A Review and Agenda for Future Research. Journal of M a n a g e m e n t , 3 1 , 8 2 9 – 8 4 8 . http://dx.doi.org/10.1177/014920630 5279599.

Asbari, M. (2021). Managerial Coaching: Rahasia Membangun Kinerja, Komitmen Tim dan Modal Psikologis Guru. EDUMASPUL, 490-506.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. ISSN, 61-72.

Dewiana Novitasari1, M. A. (2021). Leaders Coaching di Sekolah:Apa Perannya terhadap Kinerja Guru?. EDUMASPUL, 580-597.

Iriansyah, H. S. (n.d.). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran.

Kartono. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusmana, N. P. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 83.

Sherly, ,. E. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur.

Suhendi Syam, d. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Yapardi, N. (2016). Model Grow Sebagai Pendekatan Alternatif Dalam Proses Coaching Diklat Kepemimpinan Tingkat Iv di PKP2A II LAN. Transformasi Administrasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Coaching: GROW ME Model. Jakarta, Kemendikbud.