Analisis Penerapan Program BERSATU dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Gunungsari

  • Aliyya Putri Riadi Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan penerapan program BERSATU dalam menanamkan pendidikan karakter lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Gunungsari, mendeskripsikan kendala pada saat penerapan program BERSATU dan terakhir yaitu untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kegiatan yang dilaksanakan dalam program BERSATU untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan atau subjek pada penelitian ini ialah guru dan peserta didik di SDN Gunungsari. Metode pengumpulan data melalui observasi langsung ke lapangan, melalui wawancara kepada warga sekolah serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian terkait penerapan program bersatu memperoleh hasil yang baik melalui penerapan pembiasaan piket harian, SABSIH (Sabtu Bersih), dan SILISA (Siapa Lihat Sampah Ambil), pengkondisian dan lomba kebersihan kelas. Kendala yang ditemukan dalam proses penerapan program BERSATU ialah rendahnya kesadaran peserta didik terhadap kepedulian lingkungan, fasilitas kurang memadai, kurang dukungan dari orang tua peserta didik. Respon peserta didik cukup baik karena sebagian besar sudah dibekali kesadaran dari orang tuanya untuk menjaga lingkungan maka mereka aktif dan antusias ketika ada program ini. Kedepannya program ini diharapkan dapat terus berlangsung sehingga pendidikan karakter peduli lingkungan dapat tumbuh dengan baik pada peserta didik, menerapkan pendidikan karakter dengan membawa peserta didik ke suatu tempat yang mereka dapat mengeksplor dan mengetahui pentingnya untuk peduli terhadap lingkungan.

Kata Kunci: BERSATU, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-22
Bagaimana cara mengutip:
Riadi, A. P., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Penerapan Program BERSATU dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Gunungsari. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 664-671. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.940
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 135 times
PDF downloaded: 97 times

Referensi

Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Ar-ruzz Media.

Dwi, E., Silvia, E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata. Journal Visipena, 13(2), 130–144. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena

Dwi Tsoraya, N., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan.

Fauziah, A. R., & Zulfiati, H. M. (2021). Penanaman Karakter Mandiri dan Kreatif Melalui Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS pada Siswa Kelas V di SDN 1 Sekarsuli Banguntapan Bantul. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2).

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara .

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).

Kemendiknas. (2019). Model Penilaian Karakter. Pusat Penilaian Pendidikan.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., Santoso, G., & Jakarta, U. M. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(02).

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1). www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Mihratun, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Penerapan Program Green School dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan di SDN 18 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 794–803. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.626

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Siti Rufaidah, A., Suparno, & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di SD Negeri Sukamulya I Melalui Program KURASSAKI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 65–83. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14423

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suwandi, A., Daulay, N., Imnur, R. H., Lubis, S. P. Z., Siregar, S. N., Pranata, S., & Wulandari, S. (2022). Peranan dan Kendala Pengembangan Agroindustri di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan , 2(10).