Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar

  • Erna Zumrotun Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Efa Widyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Anam Sutopo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum Merdeka menjadi salah satu program pemerintah dalam upaya pengembangan kualitas pendidikan dengan memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk mengembangkan isi, metode, model, dan penilaian pembelajaran sesuai dengan karakteristik lingkungan lokal, budaya, dan isu-isu yang ada di sekitar, serta potensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Kurikulum Merdeka terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Subjek penelitian ini yaitu SDN 8 Suwawal dimana sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah dasar di Jepara yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif tipe studi kasus. Adapun desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa implementasi Kurikulum Merdeka menghasilkan dampak positif terhadap meningkatnya mutu pendidikan di sekolah dasar, antara lain: meningkatkan motivasi belajar siswa, mengembangkan kreativitas dan keterampilan abad 21, memperkuat karakter dan nilai-nilai kebangsaan sesuai 6 dimensi pancasila, serta meningkatkan kemandirian dan profesionalisme guru.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-08
Bagaimana cara mengutip:
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003-1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 343 times
PDF downloaded: 221 times

Referensi

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arif, A. M., Purnamasari, V., & Miyono, N. (2023). Penggunaan Media Konkret dalam Materi Perubahan Energi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8972–8977.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Fifani, N. A., Safrizal, & Fadriati. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Kota Batusangkar. 8(1), 19–27.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024.

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, & Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Maulana Jamaludin, G., & Marini, A. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 187–194.

Maulida, N., Ghasya, D. A. V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. 06(01), 6414–6420.

Niswah, N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). Pendidikan Karakter Peserta Didik Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Abstrak. PAKAR Pendidikan, 21(2), 179–190.

Nurlaili, L., & Aji, I. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(2), 142–148.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998

Riyan Rizaldi, D., & Fatimah, Z. (2022). Merdeka Curriculum: Characteristics and Potential in Education Recovery after the COVID-19 Pandemic. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 260–271.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Wantiana, I., & Mellisa. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465.

Widaningsih, R., Herrnawam, A. H., & Prihatini. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, hlm, 67. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas