Analisis Aspek Struktural Program Bimbingan dan Konseling: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Kota Bandung

  • Irfan Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Uman Suherman Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusi Riksa Yustiana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara detail aspek struktural yang termuat dalam program bimbingan dan konseling (BK) di sekolah menengah atas di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis metodenya adalah studi kasus. Penelitian ini melibatkan dua guru bimbingan dan konseling untuk diwawancarai dengan tujuan melihat konsepsi makna dari aspek struktural program BK di sekolah tersebut. Pedoman wawancara dan studi dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Adapun analisis datanya menggunakan cara-cara kualitatif seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program BK di sekolah menengah atas yang diteliti sudah mengarah pada program BK komprehensif, dimana aspek-aspeknya memuat prinsip pengembangan potensi, memfasilitasi tercapainya tugas perkembangan, menciptakan lingkungan yang mendukung, termasuk mengembangkan keterampilan dalam mengambil keputusan (decision making). Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dalam upaya merencanakan dan membuat program BK komprehensif, sehingga dapat berdampak positif dan signifikan terhadap perkembangan potensi peserta didik.

Kata Kunci: aspek struktural, program bimbingan dan konseling, sekolah menengah atas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Fauzi, I., Suherman, U., & Yustiana, Y. R. (2024). Analisis Aspek Struktural Program Bimbingan dan Konseling: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Kota Bandung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 494-499. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.868
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 191 times
PDF downloaded: 139 times

Referensi

Aluede, O., Imonikhe, J., & Afen-Akpaida, J. (2007). Towards a Conceptual Basis for Understanding Developmental Guidance and Counselling Model. Education, 128(2), 189-201.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 447– 452. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10744

Blocher, D. H. (1974). Developmental Counseling. New York: Ronald Press Co

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93-106. https://doi.org/10.52657/jfk.v1i2.96

Bhakti, C. P. & Safitrti, N. E. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling untuk Menghadapi Generasi Z dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 104-113 http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1602

Cobia, D. C., & Henderson. (2007) Developing an Effective and Accountable School Counseling Program. Second Edition. Columbus Ohio: Merrill Prentice Hall.

Damayanti, S. (2021). Implementasi Program Komprehensif Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Potensi Siswa. Rausyan Fikr, 17(1), 46-62.

Farozin, M., Kurniawan, L., & Irani, L. C. (2019). The Role of Guidance and Counseling in Character Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: Proceedings of the 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019, 462, 112-116.

Fitri, I. A. D., Hidayat, D. R., & Hartati, S. (2019). Manajemen Program Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 103-114.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (1999). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research (6th ed.). New York: Pearson.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing Managing Your School Guidance & Counseling Program. Alexandria: American Counseling Assosiation.

Handaka, I. B., & Maulana, C. (2017). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 227-237

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press

Kurniawan, A., Supriatna, M., & Yustiana, Y. R. (2021). Guidance and Counseling Services in Developing Learner Happiness: Systematic Literature Review. Jurnal Mantik, 5(2), 1200-1210.

Musyofah, T. M., Pitri, T. E., & Sumarto. (2021). Evaluasi Program BKSebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia: Jurnal Ilmiah BK, 4(3), 304-312.

Kuş, M., & Aydin, M. K. (2022). Teachers’ Views on Guidance and Counseling Services at Schools during the COVID-19 Pandemic: Challenges and Opportunities. Education Quarterly Reviews, 5(3), 9-18. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.03.52

Noya, M. D. A., & Salamor, J. M. (2020). Peran Konselor Sekolah dalam Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling, 11(1), 590-602.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Permasin, M. L. P., & Herdi. (2021). Asesmen Kebutuhan Konseli dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 27–33.

Santi, V., Abdat, C., & Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 5(2), 95-100.

Septiana, A., Afifah, L. (2022). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk Pencegahan 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022, 7(1), 1312-1322

Sihotang, N., Yusuf, A. M., & Daharnis. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen di SMP Frater Padang). Konselor, 2(4), 179-185.

Syafaruddin., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Bimbingan dan Konseling: Telaah Konsep, Teori, dan Praktik. Medan: Perdana Publishing

Thamarasseri, I. (2014). Meta-Narrative on Guidance and Counselling in Schools. Journal on Educational Psychology, 7(3), 1-8.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168 - 2175

Yuningsih, A. T., & Herdi. (2021). Studi Literatur Mengenai Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif Bidang Layanan Perencanaan Individual. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 15-26.