Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis

  • Kadek Ayu Widia Fransiska Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan kognitif adalah kemampuan anak untuk berpikir secara lebih kompleks, bernalar, dan mampu memecahkan masalah. Pada masa kini tenaga pendidik sudah menggunakan berbagai media pembelajaran digital yang sesuai dengan perkembangan teknologi di abad 21. Penguasaan guru dalam penggunaan teknologi dalam membuat media pembelajaran yang baru serta ketertarikan siswa dalam pembelajaran berkaitan dan memiliki pengaruh terhadap kognitif, karena dengan media pembelajaran yang menyenangkan maka siswa akan semakin memahami pembelajaran sejarah dan pengetahuan siswa akan bertambah. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur sistematis dengan studi desain PRISMA (Prefferes Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis), yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu strategi pemilihan data, kriteria penelitian, dan ekstraksi data. Penelitian kajian literatur sistematis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kognitif siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran digital yang ditinjau dari teori kognitif Jean Piaget. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa media pembelajaran digital berpengaruh dalam meningkatkan dan menstimulus perkembangan kogntif anak yang ditinjau dari teori kognitif Jean Piaget. Penggunaan media pembelajaran digital kedepannya diharapkan mampu menunjang perkembangan kognitif anak dalam proses pembelajaran di sekolah dengan tetap memperhatikan karakteristik anak.

Kata Kunci: perkembangan kognitif, media pembelajaran digital, teori kognitif Jean Piaget

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466-471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 442 times
PDF downloaded: 426 times

Referensi

Alviani, D. T., A. Widjaja, M. H. T. Wahyu dan I. Herdiana. (2021). Capaian Perkembangan Kognitif Anak Penyintas Kekerasan Verbal Domestik yang Semakin Intensif Selama Pandemi. Humanitas (Jurnal Psikologi). Vol. 5, No. 3, h. 249–266. https://doi.org/10.54801/iba.v7i1.79

Ardiansa, J., W. Sukartiningsih dan W. T. Subroto. (2023). Pengembangan Media Kartu Gambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Rasa Cinta tanah Air Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1, h. 163–172. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4773

Ayu, N. K. dan I. B. S. Manuaba. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol. 9, No. 2, h. 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Ayuningrum, D. dan N. Afif. (2021). Aplikasi berbasis android dalam meningkatkan kognitif anak usia dini. Journal of Islamic Education. Vol. 3, No. 2, h. 169–184. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.216

Cendana, W. dan N. T. Tjhin. (2020). Media Motion Graphics untuk Penyampaian Materi “Bagaimana Manusia Memproses Emosi dan Tahapan Perkembangan (Piaget). Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1, h. 45–51. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.890

Handika, H. H., T. Zubaidah dan R. Witarsa. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 22, No. 2, h. 124–140. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.11685

Imanulhaq, R. dan I. Ichsan. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. WANIAMBEY: Journal of Islamic Education. Vol. 3, No. 2, h. 126–134. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174

Khamidah, A. dan N. I. Sholichah. (2022). Digital Pop Up Learning Media for Early Childhood Cognitive Development. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER). Vol. 1, No. 1, h. 11–19. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5833

Kustiawan, U. 2016. Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia]. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Magdalena, I., A. Nurchayati, D. P. Suhirman dan N. N. Fathya. 2023. Implementasi Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. ANWARUL. Vol. 3, No. 5, h. 960–969. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1431

Marinda, L. 2020. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies. Vol. 13, No. 1, h. 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 01, h. 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nugraha, A. C., K. H. Bachmid, K. Rahmawati, N. Putri, A. R. N. Hasanah dan F. A. Rahmat. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5, No. 2, h. 138–147. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.45497

Nurfarhanah, N. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 12, No. 2, h. 12–17. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v12i2.2209

Rahmaniar, E., M. Maemonah dan I. Mahmudah. (2022). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Retnaningrum, W. (2018). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Memancing. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam. Vol. 1, No. 2, h. 33–51. https://doi.org/10.54396/saliha.v1i2.12

Salihah, D. N. 2022. The Influence of Using Website-Based Learning Media (Math-Learning) on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Vol. 12, No. 1, h. 11–19. https://doi.org/10.21067/jip.v12i1.6705

Widyatmojo, G. dan A. Muhtadi. 2017. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4, No. 1, h. 38–49. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194