Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Michael Donny Pradana Subarjo Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas analisis penerapan pendekatan teori belajar kontruktivisme pada kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi literatur atau kajian pustaka. Siswa yang dalam pembelajarannya diterapkan pendekatan teori konstruktivisme menunjukkan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah dan pemberian solusi. Hal ini merupakan salah satu ciri dari keberhasilan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memiliki implikasi yang besar terutama dalam penerapan teori belajar yang mampu memberikan progress positif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan pendekatan teori belajar konstruktivisme memfokuskan guru sebagai fasilitator dan moderator serta siswa yang berperan aktif dalam membangun pengetahuan baru, mengeksplorasi pengetahuan mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka pahami dan temui dalam kehidupan mereka. Kolaborasi positif antara siswa dengan guru pada penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran diindikasikan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman siswa dan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan teori konstruktivisme mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Teori Konstruktivisme, Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-21
Bagaimana cara mengutip:
Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313-318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.834
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 239 times
PDF downloaded: 178 times

Referensi

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar : Syakir Media Press

Amineh, R. J., & Asl, H. D. (2015). Review of constructivism and social constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1(1), 9–16. http://blue-ap.org

Kukuh, N., Pinton, M., Mustafa (n.d.). teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. Https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Kusumawati, Indah Tri et al. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5 (1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Minarti, & Hakim, L. El. (2022). Penerapan Matematika dalam Aliran Konstruktivisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 1054–1064.

Mvududu, N.H., & Thiel-Burgess, J. (2012). Constructivism in practice: The Case for English Language Learners.International Journal of Education, 4(3), 108-118.

Permata, L. D., Rahmawati, D., & Fitriana, L. (2018). Pembelajaran matematika SMP dalam perspektif landasan filsafat konstruktivisme. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 32–43.

Saputro & Pakpahan. 2021. Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (1), 21. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2151/1354

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sukiman. (2008). Teori Pembelajaran Dalam Pandangan Konstruktivisme Dan Pendidikan Islam. Kependidikan Islam., 3.(1.), 59.

Sunanik. (2014). Perkembangan Anak ditinjau dari Teori Konstruktivisme. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14. https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.491

Supriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanti,Wilda et al. (2022). Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung : Media Sains Indonesia

Wahab, Gusnarib & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab

Widodo, S., Ika, S., & Jatmiko. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa alam memecahkanmasalah analisis real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2).

Zakiah & Lestari. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta : Erzatama Karya Abadi