Measuring The Effectiveness of U-Dictionary in Increasing The Interest in Learning English Language Student At Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak
Di era disrupsi saat ini, kebutuhan belajar bahasa Inggris sangatlah penting, oleh karena itu diciptakanlah beberapa aplikasi digital untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris khususnya bagi pelajar. U-Dictionary merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris populer yang dapat dijadikan pilihan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi U-Dictionary dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah dan bagaimana persepsi siswa mengenai penggunaan aplikasi tersebut. U-Dictionary dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data uji t berpasangan dengan uji normalitas prasyarat Shapiro-Wilk. Sedangkan analisis kualitatif menggunakan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa aplikasi U-Dictionary efektif meningkatkan minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah dengan nilai signifikansi (<0,001). hasil angket mengenai persepsi siswa terhadap penggunaan U-Dictionary mayoritas responden mempunyai tingkat penggunaan yang cukup tinggi, tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi, kemampuan pemahaman kosa kata bahasa Inggris yang baik, tingkat pemahaman yang cukup tinggi. berminat belajar bahasa Inggris, dan merasa bahwa belajar bahasa Inggris cukup efektif atau sangat efektif.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Feren Fedora, Moh. Ferdi Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

