Measuring The Effectiveness of U-Dictionary in Increasing The Interest in Learning English Language Student At Madrasah Ibtidaiyah

  • Feren Fedora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh. Ferdi Hasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia https://orcid.org/0009-0002-4253-7044

Abstrak

Di era disrupsi saat ini, kebutuhan belajar bahasa Inggris sangatlah penting, oleh karena itu diciptakanlah beberapa aplikasi digital untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris khususnya bagi pelajar. U-Dictionary merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris populer yang dapat dijadikan pilihan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi U-Dictionary dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah dan bagaimana persepsi siswa mengenai penggunaan aplikasi tersebut. U-Dictionary dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data uji t berpasangan dengan uji normalitas prasyarat Shapiro-Wilk. Sedangkan analisis kualitatif menggunakan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa aplikasi U-Dictionary efektif meningkatkan minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah dengan nilai signifikansi (<0,001). hasil angket mengenai persepsi siswa terhadap penggunaan U-Dictionary mayoritas responden mempunyai tingkat penggunaan yang cukup tinggi, tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi, kemampuan pemahaman kosa kata bahasa Inggris yang baik, tingkat pemahaman yang cukup tinggi. berminat belajar bahasa Inggris, dan merasa bahwa belajar bahasa Inggris cukup efektif atau sangat efektif.

Kata Kunci: Belajar Bahasa Inggris, Minat Belajar, Aplikasi U-Dictionary, Metode Drill dan Praktek

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagaimana cara mengutip:
Fedora, F., & Hasan, M. F. (2023). Measuring The Effectiveness of U-Dictionary in Increasing The Interest in Learning English Language Student At Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 350-356. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.832
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 327 times
PDF (English) downloaded: 139 times

Referensi

Ayu Made Krisna Dewi Natalia, S., & Ketut Setiawan, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. In Jurnal Hilang Visual (Vol.2, Edisi 1). On line. https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Blinkoff, E., Nesbitt, KT, Golinkoff, RM, & Hirsh-Pasek, K. (2023). Menyelidiki kontribusi pembelajaran aktif dan menyenangkan terhadap minat siswa dan hasil pendidikan.Akta Psikologi,238. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.103983

Bryan, A. (2016).Metode penelitian sosial. Pers Universitas Oxford.

Creswell. (2014).Desain penelitian: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (Edisi ke-5). Publikasi Sage.

Creswell, JW, & Poth, CN (2017).Penyelidikan kualitatif dan desain penelitian: Memilih di antara lima pendekatan (edisi ke-4). Publikasi Sage.

Hasan, MF, & Maemonah. (2024). Efektivitas Experiential Learning Berbasis Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MI.Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru,9(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.782

Hossain, KI (2024). Mengkaji peran budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris: Tantangan dan peluang bagi pendidik.Ilmu Sosial & Humaniora Terbuka,9, 100781. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100781

Koskinen, A., McMullen, J., Hannula-Sormunen, M., Ninaus, M., & Kiili, K. (2023). Kekuatan dan arah adaptasi kesulitan mempengaruhi minat situasional dalam pembelajaran berbasis permainan.Komputer dan Pendidikan,194. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104694

Krismonika, N., & Asi, M. (2021). Pengaruh U-Dictionary terhadap Kemampuan Pengucapan Vokal Siswa Kelas Sepuluh.Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris, Linguistik, dan Sastra,1(1), 22–33. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/ebony/homepage-about

Li, S., Ling, Z., & Zhu, K. (2024). Resolusi super gambar dengan pembelajaran kamus ganda dan penerapannya untuk pemantauan keausan alat di penggilingan mikro.Sistem Mekanik dan Pemrosesan Sinyal,206. https://doi.org/10.1016/j.ymssp.2023.110917

Nami, F. (2022). Aplikasi ponsel pintar pendidikan untuk pembelajaran bahasa di pendidikan tinggi: Pilihan dan persepsi siswa. Di dalamJurnal Teknologi Pendidikan Australasia (Vol. 2020, Edisi 4).

Nasution, A., Siddik, M., Manurung, N., & Royal, S. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan. In Jurnal Sains dan Penelitian Sosial (Masalah 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Ningsih, M., Suroyo, & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh Motivasi, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Hasil Belajar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh.Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam,9(2), 242–257. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i2a10.2022

Nja, C.O., Anari, M.I., Erim, C.M., Idiege, K.J., Ilhami, A., Ukah, J.U., Eneyo, O.E., Uwe, U.E., & Cornelius-Ukpepi, BU (2023). Ruang belajar, kolaborasi siswa, hasil pendidikan, dan minat: Menjelajahi mediator fisik, sosial dan psikologis.Anak nakal,9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15456

Polakova, P., & Klimova, B. (2023). Menggunakan penerjemah DeepL dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing terapan – Sebuah studi percontohan empiris.Anak nakal,9(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18595

Ruf, A., Zahn, C., Agotai, D., Iten, G., & Opwis, K. (2022). Desain estetika antarmuka aplikasi dan dampaknya terhadap minat dan pembelajaran siswa sekolah menengah.Komputer dan Pendidikan Terbuka,3, 100075. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100075

Saunders, M., L., & Thornhill, A. (2016).Metode penelitian untuk mahasiswa bisnis (Edisi ke-7). pirson.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Xiang, J. (2014). Penelitian Metode Pengajaran Mahasiswa Teknik Komunikasi di Perguruan Tinggi.Buka Jurnal Ilmu Sosial,02(05), 9–12. https://doi.org/10.4236/jss.2014.25003

Yuliyanti, C., & Siahaan, LH (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi U-Dictionary dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.Jurnal Pendidikan Bahasa,9(1).