Implementasi Ako untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-Dasar Kreativitas bagi Guru dan Siswa di SMKN 3 Kasihan Bantul

  • Nina Tri Daniati SMK Negeri 3 Kasihan,  Indonesia

Abstrak

Memahami kreativitas tidaklah cukup hanya sekedar memahaminya secara teori saja, namun lebih pada cara bagaimana membentuk pola pikir yang kreatif. Mengingat pentingnya kreativitas bagi siswa yang menimba ilmu di SMK dengan jurusan Seni dan Industri Kreatif, maka diperlukan pembelajaran yang berkualitas tentang materi Dasar-dasar Kreativitas yang lebih dari sekedar metode ceramah supaya siswa mampu menjadi sosok yang kreatif dalam berkarya seni baik dalam proses pembelajaran di sekolah, maupun pada waktunya nanti akan diterapkan di Dunia Usaha/ Dunia Industri. Pengajaran berkualitas adalah dampak paling penting yang dapat dimiliki sistem pendidikan terhadap prestasi belajar siswa. Pada tanggal 29 April-17 Mei 2019, penulis mengikuti kegiatan Teacher Profesional Development Programme on Vocational Arts & Creative Industries, held in Aucland, New Zealand dan penulis mendapatkan pengetahuan baru di bidang pedagogik salah satunya adalah Konsep Pembelajaran AkoAko adalah istilah Bahasa Māori untuk pengajaran dan pembelajaran, Ako menggambarkan hubungan timbal balik di mana siswa belajar dari guru dan guru juga belajar dari siswa. Penelitian praktik baik ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah implementasi Ako untuk peningkatan kualitas pembelajaran Dasar-Dasar Kreativitas yang berkelanjutan bagi guru dan siswa. Manfaat yang diharapkan dari penyusunan makalah ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran Dasar-Dasar Kreativitas yang berkelanjutan untuk guru dan siswa. Setelah menjalani serangkaian langkah-langkah kerja yang dibimbing oleh guru, diharapkan dapat menanamkan mindset pada siswa bagaimana menjadi sosok yang kreatif dan inovatif, dan guru mendapatkan umpan balik (feed back) untuk merencakan tindak lanjut (feed forward) yang lebih baik.

Kata Kunci: Kreativitas, Ako, Kualitas Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-10-01
Bagaimana cara mengutip:
Daniati, N. T. (2019). Implementasi Ako untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-Dasar Kreativitas bagi Guru dan Siswa di SMKN 3 Kasihan Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 60-67. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.83
Abstrak viewed: 251 times
PDF downloaded: 322 times