Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Kesiapan Belajar

  • Hanifatus Syifa' Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Irwani Zawawi Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Syaiful Huda Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Peningkatan kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Tingkat kesiapan belajar siswa menjadi faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Konsep kesiapan belajar erat kaitannya dengan kemampuan awal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif kualitatif dan berfokus pada tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mantup Lamongan sebagai subjek penelitian. Setiap siswa mewakili tahapan kesiapan belajar yang berbeda, yaitu: satu siswa kesiapan belajar baru berkembang, satu siswa kesiapan belajar sedang berkembang, dan satu siswa kesiapan belajar telah mahir. Data penelitian diperoleh dari hasil asesmen diagnostik kognitif, hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis, temuan wawancara, dan observasi. Analisis data hasil asesmen diagnostik kognitif digunakan untuk mengkategorikan kesiapan belajar siswa. Sedangkan analisis yang dilakukan pada hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara, menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis FRISCO yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarify, and Overview. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan kesiapan belajar. Siswa dengan kesiapan belajar baru berkembang hanya memenuhi 1 indikator yaitu focus. Siswa dengan kesiapan belajar sedang berkembang memenuhi 2 indikator yaitu focus dan reason. Siswa dengan kesiapan belajar telah mahir memenuhi semua indikator FRISCO.

Kata Kunci: berpikir kritis, kritis matematis, kesiapan belajar

Data Unduhan PDF

Biografi Penulis

Hanifatus Syifa', Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Peneliti merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Publikasi artikel ini nantinya akan dikonversi sebagai pengganti tugas akhir peneliti. Alamat peneliti yaitu Desa Pandu, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Alamat email peneliti yaitu syifahanifatus@gmail.com. Nomor HP/WA : 081329147043.

Diterbitkan
2023-12-18
Bagaimana cara mengutip:
Syifa’, H., Zawawi, I., & Huda, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Kesiapan Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 233-240. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.803
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 638 times
PDF downloaded: 356 times

Referensi

Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618

Demiral, U. (2018). Examination of Critical Thinking Skills of Preservice Science Teachers: A Perspective of Social Constructivist Theory. Journal of Education and Learning, 7(4), 179. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p179

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue 1). http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why2007.pd%0Ahttp://www.eduteka.org/PensamientoCriticoFacione.php

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 37–47.

Insani, F., Nuroso, H., Purnamasari, I., Sarjana, F. P., & Semarang, U. P. (2023). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 09 Nomor 02 , Juni 2023 Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar Kata Kunci : Ases. 09, 4450–4458.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Direktur Pembinaan SMA.

Khairani, V. F., Yusepa, B., Putra, G., & Pasundan, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley dengan Metode Brainstorming. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 1–16.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.

Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Ramlah, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV): kemampuan berpikir kritis siswa …. MAJU, 8(2), 159–167. http://jurnal.pbing.org/index.php/icoled/article/view/15%0Ahttp://jurnal.pbing.org/index.php/icoled/article/download/15/3

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Revisi). Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiated Instruction in Mix-Ability Classroom. In Toxicology (Vol. 44, Issue 1). https://doi.org/10.1016/0300-483X(87)90046-1

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Yanti, O. F., Charitas, R., & Prahmana, I. (2017). Model Problem Based Learning , Guided Inquiry , Dan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130.

Zamroni, & Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembangkan Critical Thinking. Depdiknas.