Penggunaan Metode Mentoring dan Coaching Model TIRTa untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Modul Ajar

  • Astuti Triasmani Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Hery Winoto Tj Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Takim Andriono Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Kompetensi guru dalam menyusun modul ajar pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka saat ini sangatlah penting karena modul ajar akan menentukan kualitas pembelajaran di kelas. Tujuan  peneliti melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dalam menyusun modul ajar dengan menggunakan metode mentoring dan coaching model TIRTa, dengan sasarannya guru mata pelajaran yang mengajar di kelas VII dan VIII sebanyak 3 orang. Peneliti menggunakan modul ajar sebagai produk yang dinilai dan juga melakukan pengamatan terhadap kompetensi guru baik dari sisi pedagogik dan profesionalnya. Hasil penelitian tindakan ini sangat menggembirakan, karena didapati: (1) subjek lebih memahami komponen-komponen dalam modul ajar sesuai standar bakunya; (2) subjek mampu menyusun modul ajar dengan kualitas yang lebih baik; (3) kompetensi pedagogik dan profesional subjek mengalami peningkatan; (4) Model TIRTa sangat efektif digunakan untuk melakukan mentoring dan coaching karena membangun kesadaran subjek untuk menetapkan tujuan, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, membuat rencana aksi dan bertanggungjawab atas rencananya. Keberhasilan ini dapat dilihat dari hasil ketiga subjek pada pra siklus yang menunjukkan kompetensi subjek yang masih dalam kategori kurang (< 71), tetapi pada siklus I, 2 subjek masih dalam kategori kurang (< 71) dan  salah satu subjek sudah mencapai kategori cukup (71 – 80), dan  di akhir siklus II ketiga subjek berubah kategorinya menjadi baik (81 – 90).  

Kata Kunci: Mentoring dan Coaching Model TIRTa, Kompetensi Guru, Modul Ajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Astuti Triasmani, Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta

Penulis adalah Kepala SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta, yang memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Negeri Yogyakarta dan sedang menyelesaikan Pendidikan S-2 Magister Manajemen (MM) Persekolahan di Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta. Nomor HP/WA penulis 081225078727.

 

Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Triasmani, A., Tj, H. W., & Andriono, T. (2024). Penggunaan Metode Mentoring dan Coaching Model TIRTa untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Modul Ajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 629-635. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.783
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 211 times
PDF downloaded: 125 times

Referensi

Anggraena, et. al. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemmis, Stephen. McTaggart, Robin and Nixon, Rhonda. (2014). The Action Research Planner. Doing Critical Participatory Action Research. Springer

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Nuryanto, Tato. Uswati, Tati Sri. Mulyaningsih, Indrya. Khuzaemah, Emah. (2022). Pendampingan Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2021 Bagi Guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri Se-Kabupaten Cirebon. Bubungan Tinggi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 104-115. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4736

Oktavia Indah Permata Sary, & Wahyu Wulandari. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Coaching Model Tirta pada Pelaksanaan Supervisi Guru. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 96–101. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.373.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/Gt/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah

Soegeng Wahyoedi, Hery Winoto Tj, Guntur Novizal. (2022) Peran Organizational Citizenship Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1). https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3720

Sudarsana, I. K. G. (2022). Peningkatan kemampuan guru melaksanakan penilaian autentik dalam PTM terbatas melalui coaching model tirta. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 400-408. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367570

Wijayanti, Murti Ayu. Rafael, Simon. Puspitawati, Shirley. (2020). Modul 2.3: Coaching. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.