The Dynamics of Affective Assessment in MI Schools: Challenges and Solutions
Abstrak
Pada era pendidikan modern ini, penilaian afektif menjadi hal yang sangat penting., hal ini dikarenakan penilaian afektif tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan siswa, tetapi juga pada aspek emosional dan sikap, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih ada tantangan dan hambatan dalam implementasi penilaian afektif, oleh karena itu penelitian ini perlu utuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika asesmen afektif di Sekolah MI dan mencari solusi untuk tantangan dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen afektif umumnya dilakukan melalui observasi dan catatan perilaku siswa oleh guru, serta masukan dari orang tua. Namun, tantangan dalam implementasi asesmen afektif masih ada, terutama terkait dengan objektivitas dan interpretasi hasil. Beberapa strategi dan solusi telah digunakan dan diusulkan, seperti pelatihan dan workshop tentang asesmen afektif, penggunaan alat asesmen yang lebih sistematis dan efisien, serta kolaborasi dengan orang tua siswa. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas asesmen afektif di Sekolah MI memerlukan upaya dari berbagai pihak, tidak hanya guru tetapi juga orang tua dan komunitas sekolah. Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan penelitian eksperimental untuk menguji efektivitas solusi yang telah diusulkan dalam penelitian ini dan pengembangan alat asesmen afektif yang lebih sistematis dan efisien.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Diana Monita, Moh. Ferdi Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

