The Dynamics of Affective Assessment in MI Schools: Challenges and Solutions

  • Diana Monita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh. Ferdi Hasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ,  Indonesia

Abstrak

Pada era pendidikan modern ini, penilaian afektif menjadi hal yang sangat penting., hal ini dikarenakan penilaian afektif tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan siswa, tetapi juga pada aspek emosional dan sikap, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih ada tantangan dan hambatan dalam implementasi penilaian afektif, oleh karena itu penelitian ini perlu utuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika asesmen afektif di Sekolah MI dan mencari solusi untuk tantangan dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen afektif umumnya dilakukan melalui observasi dan catatan perilaku siswa oleh guru, serta masukan dari orang tua. Namun, tantangan dalam implementasi asesmen afektif masih ada, terutama terkait dengan objektivitas dan interpretasi hasil. Beberapa strategi dan solusi telah digunakan dan diusulkan, seperti pelatihan dan workshop tentang asesmen afektif, penggunaan alat asesmen yang lebih sistematis dan efisien, serta kolaborasi dengan orang tua siswa. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas asesmen afektif di Sekolah MI memerlukan upaya dari berbagai pihak, tidak hanya guru tetapi juga orang tua dan komunitas sekolah. Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan penelitian eksperimental untuk menguji efektivitas solusi yang telah diusulkan dalam penelitian ini dan pengembangan alat asesmen afektif yang lebih sistematis dan efisien.

Kata Kunci: Asesmen, Afektif, Madrasah Ibtidaiyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Moh. Ferdi Hasan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pada era pendidikan modern ini, penilaian afektif menjadi hal yang sangat penting., hal ini dikarenakan penilaian afektif tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan siswa, tetapi juga pada aspek emosional dan sikap, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih ada tantangan dan hambatan dalam implementasi penilaian afektif, oleh karena itu penelitian ini perlu utuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika asesmen afektif di Sekolah MI dan mencari solusi untuk tantangan dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen afektif umumnya dilakukan melalui observasi dan catatan perilaku siswa oleh guru, serta masukan dari orang tua. Namun, tantangan dalam implementasi asesmen afektif masih ada, terutama terkait dengan objektivitas dan interpretasi hasil. Beberapa strategi dan solusi telah digunakan dan diusulkan, seperti pelatihan dan workshop tentang asesmen afektif, penggunaan alat asesmen yang lebih sistematis dan efisien, serta kolaborasi dengan orang tua siswa. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas asesmen afektif di Sekolah MI memerlukan upaya dari berbagai pihak, tidak hanya guru tetapi juga orang tua dan komunitas sekolah. Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan penelitian eksperimental untuk menguji efektivitas solusi yang telah diusulkan dalam penelitian ini dan pengembangan alat asesmen afektif yang lebih sistematis dan efisien.

Diterbitkan
2023-11-30
Bagaimana cara mengutip:
Monita, D., & Hasan, M. F. (2023). The Dynamics of Affective Assessment in MI Schools: Challenges and Solutions. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 112-119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.769
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 291 times
PDF (English) downloaded: 126 times

Referensi

Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publication.

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Routledge.

Devi, S. A. P., & Purnomo, H. (2021). Penyelesaian Permasalahan Penilaian Ranah Afektif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 118. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.18721

Fadli, M., & Salempa, P. (2022a). Pengembangan Asesmen Afektif dan Psikomotor pada Praktikum Kimia Dasar di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Hatta-Sjahrir Banda Naira. Chemistry Education Review, 6(1), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v6i1.13315

Fadli, M., & Salempa, P. (2022b). Pengembangan Asesmen Afektif dan Psikomotor pada Praktikum Kimia Dasar di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Hatta-Sjahrir Banda Naira. Chemistry Education Review, 6(1), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v6i1.13315

Hasan, Moh. F., & Rahmawati, H. (2023). Education in world history. Paedagogica Historica, 1–3. https://doi.org/10.1080/00309230.2023.2246393

Kristiawan, M., Jumeldi, A., Ahmad, S., & Asvio, N. (2016). The Implementation Of Affective Assessment For Islamic Education In High School 1 Pariangan. Research Journal of Social Sciences, 9(4), 1–8. http://www.aensiweb.com/RJSS/RSEARCHARTICLEhttp://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Muhassanah, aini, & Listya Kartika, D. (2021). Analisis Penilaian Afektif Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System (LMS) pada Mata Pelajaran Matematika. In Academic Journal of Math, 03(02). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index

Muslich, M., & Di Gresik, G. (2014). Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1 Kebomas. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 143–148.

Nugraheni, M. M., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2021). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal, 5.

Nurul, Rustan, E., & Ajigoena, A. M. (2023). Penilaian Afektif Siswa terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 231–241. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.58498

Rahmayani, F., & Istiyono, E. (2022). Affective Assesment Instrument to Assess Student Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 637–644. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.47681

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharjanti, E. N., Minarti, I. B., & Dewi, L. R. (2021). Profil Kesiapan dan Pemahaman Guru Biologi terhadap Pelaksanaan Asesmen Psikomotorik dan Afektif Selama Pembelajaran Online di SMA Seluruh Kecamatan Comal, Pemalang. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 8(2), 89. https://doi.org/10.25273/florea.v8i2.11050

Tia, T., Widodo, W., & Anwar, Moh. F. N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Ranah Afektif pada Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Kelas 4 Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 48–56. https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.4365

Widyaningsih, O., Ghanis, P., & Widhanarto, K. (n.d.). Penilaian Afektif Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK