Evaluasi Pelaksanaan Akomodasi Kurikulum untuk Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan pada Pelajaran Sosiologi

Abstrak

Akomodasi kurikulum dalam bentuk intervensi pada pelajaran sosiologi diperlukan untuk mendukung pembelajaran dan program kekhususan bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) kelas X. Penulisan karya ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran untuk PDBK dengan hambatan penglihatan agar lincah dalam orientasi mobilitas sosial dan komunikasi (OMSK) serta terampil belajar pada materi paradigma sosiologi, sebagai bentuk dari akomodasi kurikulum yang telah dlakukan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan model evaluasi Context-Input-Procces-Product-Outcome (CIPPO), teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan pemeriksaan dokumen. Materi pembelajaran adalah paradigma sosiologi yang dilaksanakan dengan beberapa metode, yaitu metode observasi berbantuan reportase sebaya untuk menganalisis paradigma fakta sosial; metode wawancara motif tindakan untuk menganalisis paradigma definisi sosial; dan metode wawancara jenis imbalan untuk mengetahui paradigma perilaku sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan akomodasi kurikulum yang diamati melalui teknik CIPPO dengan terpenuhinya seluruh komponen. Dampak akomodasi kurikulum untuk PDBK berupa adanya perubahan setelah melakukan OMSK, dimana PDBK menjadi lebih lincah menuju ke berbagai tempat di sekitar sekolah. Selain itu PDBK juga terampil melakukan wawancara dengan baik dan sopan pada guru atau karyawan sekolah.

Kata Kunci: hambatan penglihatan, OMSK, paradigma sosiologi, akomodasi kurikulum

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-19
Bagaimana cara mengutip:
Hapsara, A. S. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Akomodasi Kurikulum untuk Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan pada Pelajaran Sosiologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 46-54. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.761
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 558 times
PDF downloaded: 310 times

Referensi

Arifin, M., Yusuf, M., & Yuwono, J. (2021). Descriptive Study of the Competence of Special Guidance Teachers for Inclusive Schools in Surakarta. Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.40

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Budiyanto. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan Nasional.

Coffman, S., & Draper, C. (2022). Universal design for learning in higher education: A concept analysis. Teaching and Learning in Nursing, 17(1), 36-41.

Direktorat PPK-LK. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Handoyo, R. R. (2022). Identifikasi Penggunaan Teknologi Asistif dalam Pembelajaran Daring bagi Anak dengan Hambatan Penglihatan, Jurnal Education and Development, 10(2), 89-94. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3401

Hapsara, A. S. (2019). Membangun Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Scrum di Negara Totochan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.78

Istiarsyah, Dawi, A. H., & Ahmad, N. A. (2019). The Influence of Special Education Training on Teachers’ Attitudes towards Inclusive Education: Case Study in Aceh Province, Indonesia. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(4), 1016-1027. http://dx.doi.org/10.6007/IJARPED/v8-i4/6901

Jauhari, M.N., Mambela, S., Shanty, A.D., Nurmasari, D., Usfinit, A.H., Batlyol, A. (2022). Optimalisasi Media dan Teknologi Asistif Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Inklusi. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 446-452.

Jaya, I., Badrujaman, A., & Suparno, A.S., (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Pusat Sumber Pendidikan Inklusif di DKI Jakarta, INSIGHT: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(01), 32-39. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.091.04

McDowell, Michael. (2018). Specific Learning Disability. Journal of Paediatrics and Child Health, 54(10), 1077-1083. https://doi.org/10.1111/jpc.14168

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543

Natasha, T. & Prasetyaningtyas, W. (2022). Pelaksanaan Kurikulum Adaptif dalam Program Evaluasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 52-64. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.34

Risnati, M. I. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran Senam Lantai Siswa Tunanetra Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(4), 411-423. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/12179

Ritzer, G. (2007). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Santoso, Y. B., Astuti, E. Y., Ratnawulan, T., Khoeriah, N. D., Hakim, L. L. (2019). Development assistive technology for students with hearing impairments. Journal of Physics: Conference Series, 1539 (012042), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012042

Sheehy, K. & Budiyanto. (2015). The Pedagogic Beliefs of Indonesian Teachers in Inclusive Schools. International Journal of Disability, Development and Education, 62(5), 469-485. https://doi.org/10.1080/1034912X.2015.1061109

Sparkes, A. C., & Smith, B. (2014). Qualitative Research Methods in Sport, Exercise and Health: From Process to Product. Routledge.

Stufflebeam, D. L., & Madaus, G. F. (2000). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Service Evaluation (T. Kellaghan (ed.)). Springer.

Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif untuk Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar. Jurnal Parameter, 29(2), 145-155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03

Taboer, M.A. (2021). Pengembangan Strategi Intervensi Membaca Permulaan bagi Siswa dengan Kesulitan Membaca Permulaan melalui Mediasi Teman Sebaya di Kelas Reguler. Universitas Pendidikan Indonesia.

Utomo & Nadia. (2019). Pendidikan Anak dengan Hambatan Penglihatan. Banjarbaru: Prodi. PJ JPOK FKIP. ULM Press.