Evaluasi Pelaksanaan Akomodasi Kurikulum untuk Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan pada Pelajaran Sosiologi
Abstrak
Akomodasi kurikulum dalam bentuk intervensi pada pelajaran sosiologi diperlukan untuk mendukung pembelajaran dan program kekhususan bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) kelas X. Penulisan karya ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran untuk PDBK dengan hambatan penglihatan agar lincah dalam orientasi mobilitas sosial dan komunikasi (OMSK) serta terampil belajar pada materi paradigma sosiologi, sebagai bentuk dari akomodasi kurikulum yang telah dlakukan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan model evaluasi Context-Input-Procces-Product-Outcome (CIPPO), teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan pemeriksaan dokumen. Materi pembelajaran adalah paradigma sosiologi yang dilaksanakan dengan beberapa metode, yaitu metode observasi berbantuan reportase sebaya untuk menganalisis paradigma fakta sosial; metode wawancara motif tindakan untuk menganalisis paradigma definisi sosial; dan metode wawancara jenis imbalan untuk mengetahui paradigma perilaku sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan akomodasi kurikulum yang diamati melalui teknik CIPPO dengan terpenuhinya seluruh komponen. Dampak akomodasi kurikulum untuk PDBK berupa adanya perubahan setelah melakukan OMSK, dimana PDBK menjadi lebih lincah menuju ke berbagai tempat di sekitar sekolah. Selain itu PDBK juga terampil melakukan wawancara dengan baik dan sopan pada guru atau karyawan sekolah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Andhy Surya Hapsara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

