Membentuk Karakter Kepemimpinan Anak Usia 7-9 Tahun melalui Permainan Tradisional

  • Theresia Avila Clarita Oktavi Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pelajar yang tidak mematuhi aturan moral, suka tawuran, dan korupsi mencerminkan bahwa tidak memiliki karakter kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pedoman permainan tradisional untuk membentuk karakter kepemimpinan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil validasi buku pedoman permainan tradisional memiliki kualitas “Sangat baik”, rerata 3,82 (skala 1-4) dengan rekomendasi “Tidak perlu revisi”. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics version 26 for Windows dengan taraf kepercayaan 95% dan uji dua ekor (2-tailed). Uji analisis Shapiro-Wilk test dari pretest-posttest memiliki data distribusi normal. Uji signifikansi dengan paired samples t test menunjukkan skor rerata posttest (M = 3,6625, SE = 0,06529) lebih tinggi dari rerata pretest (M = 1,8125, SE = 0,04407) dan nilai t(8) = 26,163, p = 0,000 (p < 0,05), berarti Hnull ditolak. Koefisien korelasi Pearson (r) sebesar 0,785 setara dengan 61,70% termasuk dalam kategori “Efek besar”. Hasil analisis N-gain score adalah 84,61% termasuk dalam kriteria “Tinggi”. Dengan demikian buku pedoman permainan tradisional efektif untuk membentuk maupun membentuk karakter kepemimpinan anak.

Kata Kunci: karakter kepemimpinan, buku pedoman, permainan tradisional

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Theresia Avila Clarita Oktavi, Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama   : Theresia Avila Clarita Oktavi

Alamat : Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta.

Email   : theresiavila.co@gmail.com

WA      : 083839177601

Status   : Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun 2020.

Diterbitkan
2023-11-29
Bagaimana cara mengutip:
Oktavi, T. A. C., & Nugrahanta, G. A. (2023). Membentuk Karakter Kepemimpinan Anak Usia 7-9 Tahun melalui Permainan Tradisional . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 103-111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.743
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 416 times
PDF downloaded: 206 times

Referensi

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Kebaikan Hati Anak Usia 9-12 Tahun. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 141-155. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6016

Ayusari, E., Tamarli, T., & Hasanah, H. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Menghadapi Abad Milenial. Kandidat: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 126-137.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE approach. Springer.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). Routledge.

Cooper, J., & Hutchinson, D. S. (1997). Plato: Complete works. Hackett Publishing Company.

Dybicz, P. & Pyles, L. (2011). The Dialectical Method: A Critical and Postmodern Alternative to the Scientific Method. Advances in Social Work, 12(2), 301-317.

Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (2021). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437-446. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41335

Field. (2009). Discovering Statistics Using Spssi (3th Ed.). Sage.

Fitri, S. N., & Waluyo, E. (2020). Implementation of Ksatria Story Book in Embedding Leadership Character Values in Children 5-6 Years Old. BELIA: Early Childhood Education Papers, 9(1), 7-12. https://doi.org/10.15294/belia.v9i1.28381

Hadi, T. R. P., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya untuk Sikap Hormat Anak. Jurnal Education and development, 9(4), 226-234. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3108

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: PT Indeks.

Kurniawan, A. R., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Motivasi Belajar. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 11(2). https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2954

Kuryanto, M. S., Andriyani, A. C., & Ulya, H. (2023). Permainan Tradisional Pasaran dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4561-4565. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2319

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nugrahanta, G. A., Parmadi, E. H., Suparmo, P. M., Sekarningrum, H. R. V., Swandewi, N. K., & Prasanti, F. T. V. (2022). Pengaruh Program Literasi Berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 169-180.

Oktavimadiana, S., & Nugrahanta, G. A. (2022). Membina Karakter Leadership Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 185-201.

Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342-5351.

Peterson, C., & Seligman, M. E. (2004). Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification (Vol. 1). Oxford University Press.

Prastiwi, K. I. D., & Nugrahanta, G. A. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Optimis Berbasis Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 10-12 Tahun. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 179-188. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.497

Pratiwi, D. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Proceedings Series of Educational Studies, 178-184. https://doi.org/10.17977/um083.8141

Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional Untuk Hati Nurani Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518-4531. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1442

Putri, L. O., Annisa, R. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Oray-orayan terhadap Keterampilan Sosial Anak. Journal on Education, 5(3), 6101-6106.

Putri, S. I., & Warka, M. (2023). Tawuran Lintas Pelajar Ditinjau dari Kriminologi. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 2240-2266. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i2.319

Salu, V. S. (2022). Membangun Pendidikan Karakter Kepemimpinan Anak Sejak Dini.

Santoso, G., Salsabilla, E., Faznur, L. S., & Asbari, M. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 107-113. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.129

Shofan, M. (2020). Paradigma Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Living Values Education. Tazkiyah, 2(1), 141-163.

Simamora, M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya untuk Karakter Toleransi Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 635-648. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410

Solissa, E. M., Mustoip, S., Marlina, M., Cahyati, S. S., & Asdiana, A. (2023). Components of Contextual Teaching and Learning as The Basis for Developing a Character Education Model. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(1), 38-46. https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.9758

Sukarismanti, S., & Samsudin, S. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Antropolinguistik sebagai Upaya Penguatan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3339-3349. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1253

Wibowo, A. S. (2017). Paideia: Filsafat pendidikan-politik Platon. Kanisius.

Widoyoko, S. E. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. Geneva: World Economic Forum.

Yampap, U., & Hasyda, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 437-443. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.853