Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Canva melalui Workshop

  • Tri Ismiyati SMA Negeri 1 Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran semakin luas, salah satunya dimanfaatkan guru untuk pembuatan media pembelajaran. Berdasar hasil supervisi akademik Kepala sekolah diketahui bahwa kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan media Crossword Puzzle dan Canva serta untuk mengetahui bagaimana langkah pelaksanaan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan media Crossword Puzzle dan Canva. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian ini adalah para guru SMA Negeri 1 Tempel yang berjumlah 24 orang. Obyek penelitian adalah kompetensi guru dalam pembuatan media Crossword Puzzle dan Canva. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Tiap pertemuan meliputi 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, tes pemahaman materi, dan penilaian produk workshop. Simpulan hasil workshop telah terjadi peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran sebanyak 79,17% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II.

Kata Kunci: crossword puzzle, TTS, canva, kompetensi guru, workshop

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Ismiyati, T. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Canva melalui Workshop . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 500-506. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.705
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 118 times
PDF downloaded: 141 times

Referensi

Ali Mudlofri dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2020. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari teori ke Praktik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Cetakan IV.

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchory. 2012. Guru: Kunci Pendidikan Nasional. Yogyakarta: LeutikaPro. Cetakan I, September 2012.

Moerni, S. 2022. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Workshop dan pendampingan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 7 No.2 (149-156). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.281

Punaji Setyosari. 2022. Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara. Cetakan II Mei 2020.

Purnama, B.J. 2022. Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 7 No.3 (308-316). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.445

Sanitin, Dwi Barniati. 2022. Workshop dan Bimbingan Berkelanjutan pada K3S untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala SD dalam pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah. JIPS, Vol 3, No. 1, Mei 2022.

Sari, C., W. 2021. Pengembangan Media Crossword Puzzle Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan motivasi Belajar Peserta Didik SD/MI. Thesis UIN Raden Intan Lampung.

Silberman, Melvin L. 2017. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Cetakan XIII, November 2017.

Sumardi. 2023. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Google Workspace for Education melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 8 No.3 (406-413).https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.571

Tanjung, R.E. & Faiza, D. 2019. Canva sebagai Media pembelajaran Daya Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika.http://ejournal.unp.ac.id./idex.php/voteknika/index.

Tira Dwi Cahyani. 2021. Artikel: 3 Aplikasi Membuat TTS Online untuk Media Pembelajaran.https://www.rancahpost.com/202112188089/aplikasi-membuat-tts/. Diakses 22 februari 2023 jam 11.17 WIB.