Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning disertai Media Video

  • Patmawati Patmawati Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Meilinda Meilinda Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah keaktifan belajar yang rendah pada peserta didik. Penelitian ini difokuskan untuk membuat peserta didik kelas XI MIA 5 di SMAN 10 Palembang menjadi lebih aktif dalam proses belajar. Dalam upaya untuk menjalankan penelitian ini, digunakanlah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini melibatkan 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan melibatkan 30 subjek penelitian. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar peserta didik yang divalidasi menggunakan CVI. Pada hasil yang didapat, diketahui bahwa terjadi kenaikan dalam keaktifan peserta didik secara berkelanjutan disetiap siklusnya yang pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 58% menjadi 66% pada pertemuan 2, kemudian pada tahap kedua siklus, terjadi peningkatan dari 70% menjadi 80% pada pertemuan kedua. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui pada siklus II, penelitian dikatakan berhasil dengan memperoleh keterangan sangat baik. Dari hasil penelitian, dikatakan dalam menerapkan model PBL disertai media video mampu membuat keaktifan peserta didik di kelas menjadi meningkat.

Kata Kunci: keaktifan belajar, Problem Based Learning, media video

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Patmawati, P., & Meilinda, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning disertai Media Video . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 569-576. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.625
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 549 times
PDF downloaded: 520 times

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta didik Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 3(2), 353–371.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal riset manajemen dan bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2(2), 169-178.

Ismiyati, T. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus. 1(2), 10–18.

Nisa, M.M., Efi, M.F., & Laela, S. (2021). Penerapan Model PBL Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Hasil PTK PPG FKIP.

Nurrohim., Suyoto., & Titi, A. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education. 3(1), 60-75.

Payon, F.F., Dyka, A., & Sasi, M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan belajar peserta didik kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual. 2(2), 53-60.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4), 1717–1724.

Rahmadani, N., & Indri Anugraheni. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Peserta didik Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3), 249-250.

Rlicho, H, P., & Rabiman. (2015). Penerapan Metode Diskusi Dengan Bantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Diklat Motor Sistem Bahan Bakar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi. 3(2), 681-688.

Sadirman. (2013). Interaksi Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sari, Y.N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal Profit. 5(1). 89-103.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Toharudin, M., & Ahlul, R. (2020). Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. 2(1), 50–56.

Vera, K., & Wardani, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui model problem based learning berbantuan audio visual pada peserta didik kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1(2), 34-45.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta didik Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosar. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1(2), 128-139.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghali Indonesia.

Mujahida & Rus’an. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Journal of Pedagogy. 2(2), 323-331.

Hayun, M., & Azizah. M. S., (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Instruksional. 2(1), 10-16.

Kamilah, S.R., Puji, B., & Iwan G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(2), 71.