Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kemandirian Belajar dengan Penguasaan Konten Model Cooperative Learning Menggunakan Thinglink

  • Malthelda Yulianti SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penguasaan konten menggunakan Thinglink dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek kemandirian belajar. Subjek penelitian siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian dengan melakukan pengamatan secara menyeluruh memakai instrumen yang dibuat peneliti berdasarkan landasan teori yang digunakan dalam penelitian.Teknik deskriptif kualitatif adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, untuk menjelaskan data kegiatan pada siklus dari tahap rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menjelaskan siswa kelas X IPA1 mengalami peningkatan kemampuan profil pelajar Pancasila aspek kemandirian belajarnya. Pada aspek kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, sebelum tindakan 77.22%, pada akhir siklus II menjadi 88.33%. Data menunjukkan terjadi peningkatan pada aspek kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi  11.11%. Aspek self regulation learning dalam mengatur metakognisi sebelum tindakan 81.94%, setelah siklus II meningkat menjadi 89.58%. Peningkatan aspek self  regulation learning dalam mengatur metakognisi sebesar 7,64%. Aspek self regulation learning dalam mengatur motivasi, data awal 79.78%, selesai tindakan siklus II mencapai 86.11%. Self regulation learning dalam mengatur motivasi meningkat 6.33%. Aspek self regulation learning dalam mengatur perilaku sebelum tindakan 65.28%, setelah siklus II menjadi 83.33%. Peningkatan aspek self regulation learning dalam mengatur perilaku meningkat sebesar 18.05%. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan  konten model cooperative learning menggunakan Thinglink dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila pada aspek kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci: kemandirian belajar, penguasaan konten, Thinglink

Data Unduhan PDF

Biografi Penulis

Malthelda Yulianti, SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama               : Dra. Malthelda Yulianti, M.Si

NIP                  : 19670314 198903 2 007

Unit Kerja        : SMA Negeri 2 Yogyakarta

Alamat Rumah : Sumberan 1/17, Sariharjo,Ngaglik, Sleman.

Email               : antin.yuli@gmail.com

HP                   : 0856 4344 7469

Diterbitkan
2023-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Yulianti, M. (2023). Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kemandirian Belajar dengan Penguasaan Konten Model Cooperative Learning Menggunakan Thinglink . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 552-562. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.581
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 376 times
PDF downloaded: 653 times

Referensi

Aini dan Taman. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, X(1), 48-65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1921

Arikunto, S. dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Gusnita dkk. ( 2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square. Jurnal Absis,3(2) April. 286-296. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/645

Gutara, MY dkk. (2017). Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2). https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099

Kemendikbudristek. No.56/M/Tahun 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id.

Nasution HS dan Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep dan Aplikasinya. Medan: LPPI.

Safitri dkk. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV di SDIT Al-Madina Purworejo. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 114-124. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3262

Setyoputri, Nora Yuniar. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar Teori dan Aplikasinya. Bandung: Media Sains Indonesia.

Shoimin, Aris. (2017). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Warso, Agus Waskito Dwi Doso. (2018). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Widoyoko, Eko Putro. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti. (2022). Peningkatan Self Regulation Learning melalui Layanan Bimbingan Belajar Model STAD Berbantuan Media Thinglink. Jurnal Ideguru, 7(1), 114-123. https://doi.org/10.5116/ideguru.v7i1,340