Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital

  • Adam Hasyim Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nurul Awaliah Hayati STAI Miftahul Huda Subang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Upaya guru mencapai keberhasilan tujuan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media untuk mempermudah penyampaian materi ajar yang sudah direncanakan, media internet misalnya, atau dengan istilah lain e-learning merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut. Kemampuan penting yang harus dimiliki oleh guru di abad modern dan era digital dalam menggunakan e-learning adalah sebuah keharusan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital dan juga hambatannya di SMP fatahillah kecamatan tambakdahan kabupaten subang. Sedangkan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital di SMP fatahillah kecamatan tambakdahan kabupaten subang sudah terampil dan memadai, apalagi didukung dengan sarana prasarana yang baik membuat pembelajaran menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran berjalan lancar sesuai harapan. Hanya saja intensitas penggunaan e-learning jarang dilakukan. Selain itu guru kurang memanfaatkan kekayaan fitur aplikasi pendukung pembelajaran e-learning.

Kata Kunci: guru, e-learning, era digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-02-20
Bagaimana cara mengutip:
Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297-303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 768 times
PDF downloaded: 579 times

Referensi

Albab, S. U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E-Learning pada Era Disrupsi di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. 2.

Aminatun Siti. (2020). Pengaruh e-learning terhadap minat belajar peserta didik pada program kejar paket c di pkbm pioneer karanganyar. Universitas Negeri Semarang.

Astuti, N. P. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1168–1176.

Dasar, D. I. S. (n.d.). Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media.

Ega, W. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, April. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4

Fahmi, R., Aswirna, P., Amelia, R., & Nurhasanah. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Inquiry Terbimbing Berbantuan Aplikasi Edmodo terhadap Keterampilan Abad-21 Peserta Didik Hud-Hud oleh Nabi Sulaiman dalam merupakan implementasi teknologi pada. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 62–74.

Hartanto, W. (n.d.). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 3.

Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107-113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.144

Hs. Hatta. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru (Amka (ed.); 1st ed.). 2018. www.nizamiacenter.com

Karman.M. (2018). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Kuswandi. E (ed.)). Rosda.

Ma, D. I. S., & Darussa, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKn di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. 7(2), 809–820.

Marysca, G. (2021). Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Rahman, A., Santosa, S., & Jannana, N. S. (2022). Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Daring Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Pada Masa Pandemi Covid-19. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 211. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.726

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. 4, 109–114.

Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212-220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364

Susanto, W. E., & Ayu, Y. G. A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika, 5(2).

Triwulandari, R., & Prastowo, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbasis Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SD II Fathonah Palembang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 14(01), 15–26. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/5402

Wardani Eka. (n.d.). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran. 2, 803–821.

Zannah, F. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran E-Learning Selama Pandemi Covid-19 Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) STKIP PGRI Banjarmasin Student Perceptions of E-Learning Learning During the Covid-19 Pandemic in the Primary School Teacher Ed. 25–40. https://doi.org/10.33654/pgsd