Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital
Abstrak
Upaya guru mencapai keberhasilan tujuan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media untuk mempermudah penyampaian materi ajar yang sudah direncanakan, media internet misalnya, atau dengan istilah lain e-learning merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut. Kemampuan penting yang harus dimiliki oleh guru di abad modern dan era digital dalam menggunakan e-learning adalah sebuah keharusan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital dan juga hambatannya di SMP fatahillah kecamatan tambakdahan kabupaten subang. Sedangkan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital di SMP fatahillah kecamatan tambakdahan kabupaten subang sudah terampil dan memadai, apalagi didukung dengan sarana prasarana yang baik membuat pembelajaran menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran berjalan lancar sesuai harapan. Hanya saja intensitas penggunaan e-learning jarang dilakukan. Selain itu guru kurang memanfaatkan kekayaan fitur aplikasi pendukung pembelajaran e-learning.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Adam Hasyim, Nurul Awaliah Hayati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)