Peningkatan Keterampilan Menulis Se Presenter melalui Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

  • Sri Moerni SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan menulis se presenter siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2022-2023 masih rendah. Siswa belum memiliki kosa kata yang cukup, dan pengetahuan terkait tata bahasa juga masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis se presenter dengan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kemmis & Taggart, yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, langkah-langkah yang diterapkan pada strategi ini meliputi pemahaman konsep, eksplorasi dan aplikasi serta diakhiri dengan publikasi. Kedua, persentase ketuntasan belajar pada siklus satu sebesar 69,5% dengan nilai rata-rata 75, sedangkan ketuntasan belajar siklus kedua sebesar 84% dengan rata-rata 77,64. Peningkatan persentase hasil belajar siklus satu dan siklus dua sebesar 17,26 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggabungkan kompetensi membaca dan menulis dan kerja kelompok dalam strategi Cooperative Integrated Reading and Composition, dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Kata Kunci: keterampilan menulis, se presenter, strategi cooperative integrated reading and composition

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-14
Bagaimana cara mengutip:
Moerni, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Se Presenter melalui Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 695-703. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.529
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 195 times
PDF downloaded: 111 times

Referensi

Arikunta, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moerni, S. (2020). Strategi Think, Talk, Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis La Disponibilité dan La Volonté. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 98-106. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.123

Niliawati L., Hermawan R., Riyadi A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas IV.2018. Jurnal Pendidikan Guru SD, 3(1), 23-34.

Nugraha, T (2019). Penggunaan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah drama. Jurnal Pesona, 5(1), 50-61.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF.

Nurhidayati, U. (2015). Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentatif di SMA Negeri 2 Probolinggo. 2015. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(2).

Widawati, R. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Example non Example. Jurnal Pendidikan, 9(3), 181-342.

Waruru, M. (2022). Peningkatan kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1), 300-306.