Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur

  • Cindy Paramita Citradevi SMK Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kemajuan teknologi berkembang begitu cepat dan pesat sehingga dengan adanya era baru, banyak orang senang menghabiskan waktu didepan smartphonenya. Begitu pula yang terjadi pada sebagian besar peserta didik kita. Oleh karena itu, sebagai pendidik kita dapat menyikapi permasalahan tersebut dengan menjadikan smartphone sebagai partner dalam pembelajaran. Apalagi sekarang banyak dijumpai website baru yang menyediakan konten pendidikan. Salah satunya yaitu Canva. Canva merupakan sebuah platform gratis yang menyediakan desain grafis. Tujuan tinjauan pustaka ini adalah untuk menganalisis artikel ilmiah berkaitan dengan keefektifan penggunaan canva sebagai media belajar bagi siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka yang bersumber dari artikel dalam google cendekia. Artikel ilmiah yang digunakan dalam kajian pustaka ini yaitu dalam rentang waktu 5 tahun terakhir (2018-2022). Kemudian dianalisis menggunakan konsep PRISMA yang terdiri dari 7 poin yaitu title, abstract, introduction, methods, results, discussions dan conclusions. Dari 7 artikel yang diperoleh, 3 artikel diantaranya menyatakan Canva dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep IPA, meningkatkan motivasi dan literasi sains peserta didik, serta merupakan media penunjang yang layak dalam aktivitas pembelajaran IPA yang sifatnya abstrak karena dapat memberikan visualisasi sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar.

Kata Kunci: canva, media pembelajaran, mata pelajaran IPA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Cindy Paramita Citradevi, SMK Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cindy Paramita Citradevi, lahir di Ujung Pandang, 17 Desember 1994. Guru Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 4 Yogyakarta sejak tahun 2019.

Diterbitkan
2023-02-16
Bagaimana cara mengutip:
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 3260 times
PDF downloaded: 3386 times

Referensi

Anggraini, U. D. (2022). Pengembangan LKPD Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Website Canva.com Materi Alat Indra Pada Manusia Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas IV SDN 95/96 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40-51.

Elvionita, M. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sungai Penuh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev ; https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

PRISMA. (2015). Welcome to the preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses (PRISMA). website. http://www.prisma-statement.org/

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(4). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny. (2022). Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188-201.

Sarjiyati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(2), 13-25. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/32

Surtiyani, S. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD melalui Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36-52. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/15

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia

Yusnidah. (2022). Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Elektronika Siswa SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3), 315-325. DOI: 10.17977/um038v5i32022p315