Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur
Abstrak
Kemajuan teknologi berkembang begitu cepat dan pesat sehingga dengan adanya era baru, banyak orang senang menghabiskan waktu didepan smartphonenya. Begitu pula yang terjadi pada sebagian besar peserta didik kita. Oleh karena itu, sebagai pendidik kita dapat menyikapi permasalahan tersebut dengan menjadikan smartphone sebagai partner dalam pembelajaran. Apalagi sekarang banyak dijumpai website baru yang menyediakan konten pendidikan. Salah satunya yaitu Canva. Canva merupakan sebuah platform gratis yang menyediakan desain grafis. Tujuan tinjauan pustaka ini adalah untuk menganalisis artikel ilmiah berkaitan dengan keefektifan penggunaan canva sebagai media belajar bagi siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka yang bersumber dari artikel dalam google cendekia. Artikel ilmiah yang digunakan dalam kajian pustaka ini yaitu dalam rentang waktu 5 tahun terakhir (2018-2022). Kemudian dianalisis menggunakan konsep PRISMA yang terdiri dari 7 poin yaitu title, abstract, introduction, methods, results, discussions dan conclusions. Dari 7 artikel yang diperoleh, 3 artikel diantaranya menyatakan Canva dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep IPA, meningkatkan motivasi dan literasi sains peserta didik, serta merupakan media penunjang yang layak dalam aktivitas pembelajaran IPA yang sifatnya abstrak karena dapat memberikan visualisasi sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Cindy Paramita Citradevi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.