MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI

  • Surtiyani Surtiyani SD Jetis Bantul,  Indonesia

Abstract

Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini bertujuaan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media tiga dimensi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas V B SD Jetis. Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Jetis, Sumberagung, Jetis, Bantul, yang berjumlah 32 siswa. Tehnik pengumpulan data keaktifan belajar dilakukan dengan metode observasi, dengan menggunakan perbandingan artinya peristiwa yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase itu akan dideskripsikan ke arah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar siswa.

Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut adalah sebelum siklus dan sesudah siklus. Ternyata nilai yang diperoleh siswa sebelum siklus mencapai mencapai 62, dan silkus I mencapai 74, serta siklus II mencapai 89. Dengan begitu maka pembelajaran IPA yang disampaikan dengan menggunakan media tiga dimensi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V B SD Jetis.

Keywords: Media tiga dimensi, Keaktifan, Prestasi Belajar

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Surtiyani Surtiyani, SD Jetis Bantul

Guru SD 

Published
2016-11-01
How to Cite:
Surtiyani, S. (2016). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36-52. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/15
Section
Research Articles
Abstract viewed: 241 times
PDF downloaded: 425 times