Development of Teacher Innovativeness Instruments in the Face of Educational Innovation
Abstrak
Guru memiliki respons yang berbeda-beda dalam menghadapi inovasi pendidikan yang bersifat top-down sehingga pemangku kebijakan perlu memetakan tingkat keinovatifan guru untuk menyukseskan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keinovatifan guru melalui metode pengembangan teoretik. Berdasarkan sintesis dari kajian teoritis, diperoleh lima indikator yang selanjutnya dikembangkan menjadi 25 butir pernyataan model Likert empat skala. Pembuktian validasi isi dilakukan oleh delapan expert untuk kemudian dikuantifikasi dengan formula Aiken dan menghasilkan koefisien sebesar 0,84 atau berkategori tinggi. Uji coba dilakukan terhadap 85 guru lintas jenjang dari berbagai daerah di Indonesia dengan bantuan Google Form untuk mendapatkan data empiris. Pembuktian validitas kontruk dilakukan melalui Exploratory Factor Analysis (EFA) dan menghasilkan empat faktor bernilai Eigen lebih dari 1, yang merupakan faktor penentu tingkat keinovatifan guru, yaitu faktor kemauan, kebaruan cakupan, kepatuhan struktural dan komunikasi lingkungan. Faktor-faktor tersebut dapat diidentifikasi empat faktor yang mendasari tingkat keinovatifan guru. Ekstrasi Principal Component Analysis (PCA) dan rotasi Varimax membuktikan bahwa seluruh butir berkriteria baik karena memiliki muatan faktor > 0,4 sehingga validitas konstruk terbukti. Reliabilitas instrumen diestimasi dengan formula Cronbach Alpha dan menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,954 sehingga berkriteria sangat tinggi. Dengan demikian, instrumen ini memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik dan dapat digunakan secara tunggal maupun bersama instrumen pendukung.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Jumini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

