Development of Teacher Innovativeness Instruments in the Face of Educational Innovation

  • Jumini Jumini SMK Negeri 1 Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Guru memiliki respons yang berbeda-beda dalam menghadapi inovasi pendidikan yang bersifat top-down sehingga pemangku kebijakan perlu memetakan tingkat keinovatifan guru untuk menyukseskan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keinovatifan guru melalui metode pengembangan teoretik. Berdasarkan sintesis dari kajian teoritis, diperoleh lima indikator yang selanjutnya dikembangkan menjadi 25 butir pernyataan model Likert empat skala. Pembuktian validasi isi dilakukan oleh delapan expert untuk kemudian dikuantifikasi dengan formula Aiken dan menghasilkan koefisien sebesar 0,84 atau berkategori tinggi. Uji coba dilakukan terhadap 85 guru lintas jenjang dari berbagai daerah di Indonesia dengan bantuan Google Form untuk mendapatkan data empiris. Pembuktian validitas kontruk dilakukan melalui Exploratory Factor Analysis (EFA) dan menghasilkan empat faktor bernilai Eigen lebih dari 1, yang merupakan faktor penentu tingkat keinovatifan guru, yaitu faktor kemauan, kebaruan cakupan, kepatuhan struktural dan komunikasi lingkungan. Faktor-faktor tersebut dapat diidentifikasi empat faktor yang mendasari tingkat keinovatifan guru. Ekstrasi Principal Component Analysis (PCA) dan rotasi Varimax membuktikan bahwa seluruh butir berkriteria baik karena memiliki muatan faktor > 0,4 sehingga validitas konstruk terbukti. Reliabilitas instrumen diestimasi dengan formula Cronbach Alpha dan menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,954 sehingga berkriteria sangat tinggi. Dengan demikian, instrumen ini memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik dan dapat digunakan secara tunggal maupun bersama instrumen pendukung.

Kata Kunci: analisis faktor eksploratori, inovasi pendidikan, keinovatifan guru, validitas konstruk

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Jumini Jumini, SMK Negeri 1 Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jumini lahir di Nganjuk, 9 Januari 1983 dan aktif sebagai guru matematika di SMK Negeri 1 Kalasan sejak tahun 2006 hingga sekarang. Pendidikan S1 di prodi Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta yang ditempuh pada tahun 2000 hingga 2004, sedangkan pendidikan S2 ditempuh di universitas yang sama akan tetapi dengan prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan pada tahun 2020 hingga 2022.

Diterbitkan
2023-02-07
Bagaimana cara mengutip:
Jumini, J. (2023). Development of Teacher Innovativeness Instruments in the Face of Educational Innovation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 247-256. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.523
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 400 times
PDF (English) downloaded: 401 times

Referensi

Afandi, M., MS., Z., & Neolaka, A. (2021). Causative Correlation of Teacher’s Motivation and Discipline in Banyumanik, Semarang City. International Journal of Instruction, 14(1), 507–520. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14130a

Andarwulan, T., Fajri, T. A. Al, & Damayanti, G. (2021). Elementary Teachers’ Readiness toward the Online Learning Policy in the New Normal Era during Covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 771–786. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14345a

Artacho, E. G., Martinez, T. S., Martin, J. L. O., Marin, J. A. M., & Garcia, G. G. (2020). Teacher Training in Lifelong Learning—The Importance of Digital Competence in the Encouragement of Teaching Innovation. Sustainability, 12(7). https://doi.org/10.3390/su12072852

Asbari, M., Santoso, P., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pada Industri 4.0. JIMUPB Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1).

Azwar, S. (2016). Tes Prestasi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baroroh, A. (2013). Analisis Multivariat dan Time Series dengan SPSS 21. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Cholifah, P. S., Oktaviani, H. I., Nuraini, N. L. S., Meidina, A. M., Wanodyaningtyas, R. F., & Yafie, E. (2019). Online Project-Based Learning for Improving the Innovative Initiation during Diffusion and Innovation Course. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET). Malang: IEEE. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987221

Goel, A., & Agarwal, E. (2019). Assessing Innovation in teacher Education. Globus: Journal of Progressive Education, 9(2).

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analyisis Seventh Edition. New York: Pearson Prentice Hall.

Hardianto, Hidayat, & Zulkifli. (2021). Perilaku Kerja Inovatif Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(1), 112–119. https://doi.org/10.29210/02021937

Istiyono, E. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern (First). Yogyakarta: UNY Press.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Mathematics and Natural Science Education, 1(1). https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1

Nasierowski, W., & Arcelus, F. J. (2012). What is Innovativeness: Literature Review. Foundations of Management, 4(1). https://doi.org/10.2478/fman-2013-0004

Nurosis. (1986). SPSS/PC+for the imbbc/xt/ at. Chicago: SPSS Inc.

Retnawati, H. (2016). Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations. New York: Free Press.

Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Schermerhorn, J. R., Hunt, J. G., Osborn, R. N., & Uhl-Bien, M. (2010). Organizational Behavior (11th ed.). New Jersey: Wiley.

Seechaliao, T. (2017). Instructional Strategies to Support Creativity and Innovation in Education. Journal of Education and Learning, 6(7). https://doi.org/10.5539/jel.v6n4p201

Sharma, S. (1996). Applied Multivariate Techniques. New York: John Wiley & Sons.

Suarta, I. M., & Suwintana, I. K. (2012). Model Pengukuran Konstruks Adopsi Inovasi E-Learning. Journal of Information System, 8(1). https://doi.org/10.21609/jsi.v8i1.317

Sunardi, S., Sunaryo, W., & Laihad, G. H. (2019). Peningkatan Keinovatifan Melalui Pengembangan Kepemimpinan Transformasional dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1).

Syarafuddin, Asrul, & Mesiono. (2012). Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Usmayadi, D., Hardhienata, S., & Hidayat, N. (2020). Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Learning Organization. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v8i2.2765

Waliyuddin, D. S., & Sulisworo, D. (2022). Tes Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Literasi Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 47-52. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.310

Wardhana, A. C., & Fitriana, G. F. (2021). Designing an application for measuring innovation readiness level using the user experience lifecycle. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informas, 11(1). https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i1.20

Wells, W. D., & Prerisky, D. (1996). Customer Behavior. New York: John Wiley & Sons.

Wilkie, W. L. (1990). Customer Behavior. Canada: John Wiley & Sons.

Yulanda, M. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 6(1).

Zainal, M. A., Matore, M. E. E. M., Musa, W. N. W., & Hashim, N. H. (2020). Content Validity of Teacher Innovative Behaviour Measurement Instruments Using Content Validity Ratio (CVR) Method. Akademika, 90(1). https://doi.org/10.17576/akad-2020-90IK3-04