Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran leaflet untuk materi IPA makanan sehat untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada siswa kelas V SDN Kalideres 12 Pagi Jakarta Barat yang mencangkup langkah-langkah dalam proses pengembangan media leaflet, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran leaflet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D). Pengembangan ini telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Pengumpulan data yaitu validasi ahli serta angket untuk siswa kelas V. Subjek penelitian dilakukan pada 32 siswa yang dibagi kelompok kecil dan kelompok besar, data kelayakan media yang di ambil dari validasi ahli oleh ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa terhadap media pembelajaran leaflet. Untuk hasil validasi ahli hasil ahli desain dan ahli materi dalam penilaianya mendapatkan skor rata-rata 90% yang berarti sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media dengan skor 82% yang berarti valid. Maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan pada pembelajaran. Untuk nilai keefektifan dihitung dengan melakukan post-test dan pre- test yang akan dihitung denga N-Gain pada yang mendapatkan nilai G 0,3 > 0,7 dalam katagori sedang (cukup efektif) Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran leaflet untuk siswa efektif untuk materi makanan sehat subtema 1, 2 dan 3.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Yeni Pratiwi, Rudi Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

