Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa

  • Yeni Pratiwi Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia
  • Rudi Ritonga Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran leaflet untuk materi IPA makanan sehat untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada siswa kelas V SDN Kalideres 12 Pagi Jakarta Barat yang mencangkup langkah-langkah dalam proses pengembangan media leaflet, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran leaflet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D). Pengembangan ini telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Pengumpulan data yaitu validasi ahli serta angket untuk siswa kelas V. Subjek penelitian dilakukan pada 32 siswa yang dibagi kelompok kecil dan kelompok besar, data kelayakan media yang di ambil dari validasi ahli oleh ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa terhadap media pembelajaran leaflet. Untuk hasil validasi ahli hasil ahli desain dan ahli materi dalam penilaianya mendapatkan skor rata-rata 90% yang berarti sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media dengan skor 82% yang berarti valid. Maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan pada pembelajaran. Untuk nilai keefektifan dihitung dengan melakukan post-test dan pre- test yang akan dihitung denga N-Gain pada yang mendapatkan nilai G 0,3 > 0,7 dalam katagori sedang (cukup efektif) Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran leaflet untuk siswa efektif untuk materi makanan sehat subtema 1, 2 dan 3.

Kata Kunci: media pembelajaran, pengembangan media, leaflet

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-02-17
Bagaimana cara mengutip:
Pratiwi, Y., & Ritonga, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 276-281. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.521
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 621 times
PDF downloaded: 432 times

Referensi

Abdia, L., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 61–70.

Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. (2008). The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Arizona State University, July, 1–55.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528

Laara, S. H. S., & Pardimin, I. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Example Non Example Pada Geometri Smk. 20, 1067–1074.

Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(2), 143–151. https://doi.org/10.23917/reaksi.v1i2.2730

Maulana, A. (2017). pengembangan media pembelajaran leaflet. 210093.

Murti, A. (2018). pengembangan bahan ajar leaflet. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Ngadiya, N. (2019). Evaluasi Manajemen Pendidikan Karakter Siswa SMAN 2 Banguntapan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 10-18. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.63

Rusdi. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan konsep, prosedur dan sintesis pengetahuan baru (cetakan 1). Rajawali Pers.

Suryani, F. (2021). Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 305-314. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.275

Taufik. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, l(2).

Yiwang, D. M., Triwahyudianto, & Sulystiowati, P. (2021). Pengembangan Media Leaflet Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGSD, 5(November), 561–568.

Zainudin, M. (2016). Membangun Karakter Bangsa Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila dan Kearifan Lokal. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16-31. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/8