MEMBANGUN KARAKTER BANGSA INDONESIA BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEARIFAN LOKAL

  • Muhammad Zainudin SMA N 1 Sedayu,  Indonesia

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan karakter bangsa Indonesia baik yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai kearifan lokal.

Tulisan ini merupakan diskripsi tentang karakter yang seharusnya dimiliki oleh bangsa Indonesia yang perlu ditanamankan dalam dunia pendidikan bagi generasi penerus agar tidak melupakan sejarah yang berkaitan dengan “Nation and Character Building”. Penulisan ini menggunakan teknik dengan tealaah pustaka dari berbagai macam sumber. 

Hasil tulisan ini menyimpulkan bahwa karakter dimiliki dan dilaksanakan oleh warga Negara Indonesia yang diinginkan meliputi :  : (1) Religius, (2) Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja keras, (6) Kreatif, (7) Mandiri, (8) Demokratis, (9) Rasa Ingin Tahu, (10) Semangat Kebangsaan, (11) Cinta Tanah Air, (12) Menghargai Prestasi, (13) Bersahabat/Komunikatif, (14) Cinta Damai, (15) Gemar Membaca, (16) Peduli Lingkungan, (17) Peduli Sosial, & (18) Tanggung Jawab. Selain itu karakter yang berkaitan dengan kearifan lokal meliputi : Budaya  Jawa yang selalu menghormati  tata karma, menghormati orang tua dan mencintai sesama serta menyayangi kepada yang lebih muda. Ada falsafah budaya yang luhur antara lain : sopo gawe nganggo, gemi setiti, ngati-ngati, “Ajining Dhiri Gumantung Ana Ing Lathi”,  artinya harga dari diri kita tergantung dari ucapan kita, selalu menghormati orang lain, yakni sesuai dengan  sesanti  “Ngluruk tanpa bala menang tanpa ngasorake”, artinya berhasil tanpa harus membuat orang lain menderita, Nilai aja dumeh, artinya jangan sampai sombong, dan perlu bersikap rendah hati. Penanaman karakter dapat dilakukan dengan cara : 1) pembiasaan; 2) keteladanan; 3) membuat slogan atau yel-yel tentang hal-hal yang baik; 4) Jangan mendidik karakter hanya dengan kata-kata saja; dan 5) Jadilah telinga dan mata untuk apa yang sedang mereka serap.

Keywords: Karakter, kearifan lokal

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Zainudin, SMA N 1 Sedayu

Guru PPKn

Published
2016-05-02
How to Cite:
Zainudin, M. (2016). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA INDONESIA BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEARIFAN LOKAL. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16-31. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/8
Section
Research Articles
Abstract viewed: 420 times
PDF downloaded: 516 times