Penerapan Pendidikan Literasi Finansial terhadap Kemandirian Peserta Didik dalam Mengelola Beasiswa Program Indonesia Pintar

  • Parada Monita Napitupulu Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Henny A. Manafe Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • M.E. Perseveranda Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Agapitus Hengky Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Thomas Ola Langoday Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia

Abstrak

Artikel ini menjabarkan perihal mengapa dan bagaimana pendidikan literasi keuangan berperan krusial untuk diaplikasikan ke peserta didik. Menanamkan nilai literasi keuangan kepada peserta didik bakal cukup memengaruhi pemahaman maupun pengetahuan terkait literasi keuangan, serta tingkat kesejahteraan di masa mendatang. Peranan sekolah pun cukup penting untuk memberi pengetahuan terkait Pendidikan literasi bagi peserta didik. Sifat kognitif peserta didik yang masih konkret dan berada di tahap perkembangan cukup efektif dalam menanamkan nilai literasi keuangan, dengan tujuan peserta didik yang mendapatkan beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) hendaknya mampu mengelola keuangannya dengan baik, berdasar pada kebutuhan maupun keperluan sebagai siswa. Keadaan siswa sekarang yang berkecenderungan membeli sesuatu tanpa memedulikan prinsip keuangan dapat menyebabkan tidak rasional dalam memenuhi kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini, kebermanfaatan nya bermuara pada pengembangan rancangan pembelajaran yang beracuan ke dimensi pengetahuan maupun pemahaman, keterampilan, dan sikap perihal literasi keuangan sehingga bisa menciptakan tujuan pembelajaran maupun outcome demi meningkatkan pemahaman siswa untuk masa depan mereka.

Kata Kunci: pendidikan literasi, finansial, kemandirian, mengelola beasiswa PIP

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Parada Monita Napitupulu, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Parada Monita Napitupulu, Guru Ekonomi di SMA Negeri 1 Nekamese. Adalah seorang mahasiswi Pasca Sarjana di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Konsentrasi Magister Manajemen Pendidikan.

Diterbitkan
2023-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Napitupulu, P. M., Manafe, H. A., Perseveranda, M., Kaluge, A. H., & Langoday, T. O. (2023). Penerapan Pendidikan Literasi Finansial terhadap Kemandirian Peserta Didik dalam Mengelola Beasiswa Program Indonesia Pintar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 257-262. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.517
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 445 times
PDF downloaded: 677 times

Referensi

Aravik, Havis, Tohir, Ahmad. (2022). Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Palembang. Jurnal STEBIS IGM.

Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Laila. Viving, Hadi. Syamsul, & Subanji. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1491-1495.

Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Mawo, T., Thomas, P., & Sunarto, S. (2017). Pengaruh Literari Keuangan, Konsep Diri dan Budaya Terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN1 Kota Bajawa. Journal of Economic Education.

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Manners, 1(2), 133–137. http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/7861/artsc394_Annisaa_Pentingnyaedukasi-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Pranoto, P., Fauzi, R. D., Kustini, E., Maduningtias, L., & Yuangga, K. D. (2020). Literasi Keuangan (Financial Literacy) untuk Siswa SMK Sasmita Jaya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 119–122. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2137

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2), 1–8.

Remund, D. L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x

Ulfah, M., Kuswanti, H., & Thoharudin, M. (2021). Pendidikan Literasi Keuangan Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA dan SMK Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1). 194-204. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3155

Zahroh, Fatimus. 2014. Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semester 3 dan Semester 7. SKripsi. FEB Undip.