Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran inovatif, sehingga berdampak pada terhambatnya kenaikan pangkat guru karena kurang dalam membuat karya inovasi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru membuat media pembelajaran inovatif dengan metode modifikasi permainan anak, dengan subyek 25 guru muda terdiri dari golongan III dan honorer. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus masing-masing tiga pertemuan dan tiap siklus guru membuat satu media pembelajaran inovatif. Pada siklus I memodifikasi permainan anak yang sederhana kartu dan puzzle, selanjutnya pada siklus II memodifikasi yang lebih kompleks yaitu ular tangga, monopoli, engklek dan mystery box. Hasil penelitian menunjukan secara proses pada siklus I skor guru antara 81-94, dan pada siklus II memperoleh skor 86 – 99 dalam kategori baik, dan dari hasil unjuk kerja siklus I skor 81,25 - 90,60 (Baik), dan siklus II skor 87,50 - 96,88 (sangat baik), serta menunjukan peningkatan antara siklus I dan siklus II. Guru yang membuat media pembelajaran inovatif sebelum penelitian sebanyak 2 (3,33%) dari 60 guru, setelah penelitian bertambah 25 (41,67%), ini menunjukan bahwa metode modifikasi permainan anak dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran inovatif. Keterampilan guru meliputi berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis, berkreasi, kemandirian dan produktivitas untuk mewujudkan media pembelajaran yang inovatif.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Siti Arina Budiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

