Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak

  • Siti Arina Budiastuti SMP Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran inovatif, sehingga berdampak pada terhambatnya kenaikan pangkat guru karena kurang dalam membuat karya inovasi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru membuat media pembelajaran inovatif dengan metode modifikasi permainan anak, dengan subyek 25 guru muda terdiri dari golongan III dan honorer.  Penelitian dilakukan dalam 2 siklus masing-masing tiga pertemuan dan tiap siklus guru membuat satu media pembelajaran inovatif. Pada siklus I memodifikasi permainan anak yang sederhana kartu dan puzzle, selanjutnya pada siklus II memodifikasi yang lebih kompleks yaitu ular tangga, monopoli, engklek dan mystery box. Hasil penelitian menunjukan secara proses pada siklus I skor guru antara 81-94, dan pada siklus II memperoleh skor 86 – 99 dalam kategori baik, dan dari hasil unjuk kerja siklus I skor 81,25 - 90,60 (Baik), dan siklus II skor 87,50 - 96,88 (sangat baik), serta menunjukan peningkatan antara siklus I dan siklus II. Guru yang membuat media pembelajaran inovatif sebelum penelitian sebanyak 2 (3,33%) dari 60 guru, setelah penelitian bertambah 25 (41,67%), ini menunjukan bahwa metode modifikasi permainan anak dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran inovatif. Keterampilan guru meliputi berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis, berkreasi, kemandirian dan produktivitas untuk mewujudkan media pembelajaran yang inovatif.

Kata Kunci: keterampilan, media pembelajaran inovatif, modifikasi permainan anak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-11-25
Bagaimana cara mengutip:
Budiastuti, S. A. (2022). Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 146-155. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.455
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 776 times
PDF downloaded: 1759 times

Referensi

Andrijati, Noening. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang 31(3), 23-30.

Bahagia, Yoyo. (2019). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (modul). Yogyakarta: Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Jurusan Pendidikan Olahraga.

Gordon (2010). Metoda Research. Jakarta: Gramedia Press.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hapsara, A. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Tugas Menonton Tayangan “Ethnic Runaway” SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/11

Kemendikbud. (2019). Buku 4 Pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2019). Buku 5 Pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemenpan. (2009). Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka. Jakarta: Kemenpan.

Riana, Cepi, dkk. (2007). Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas.

Setyawati, Bethy Mahara. (2021). Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sesuai Unggah-ungguh. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 6(3) 288-296 https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/267/281.

Sihombing, David (2014). Pengertian Modifikasi. www.brainly.co.id. Diunduh tanggal 30 juni 2020

Suprianto, Topo. (2017). Meningkatkan Keterampilan Back Roll Dalam Senam Lantai Pada Siswa Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Balikpapan Melalui Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 11(1), 37-48.

Sutrisno. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif berbasis Iptek Bagi Guru SD Perairan di Kecamatan Pulau Rimau (Thesis). Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI

Wijaya, Rusyan. (2006). Kemampuan Dasar Guru dalam PBM, Bandung: Remaja Roesdakarya.

Windarti. (2021). Peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa melalui model pembelajaran kooperatif kartu arisan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2),127-246b. https://jurnaldikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/216/235.