UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI TUGAS MENONTON TAYANGAN “ETHNIC RUNAWAY” SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

  • Andhy Surya Hapsara SMA N 1 Sedayu,  Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat kelas X IPS Semester I SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2015-2016.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan metode tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dapat diterapkan pada pembelajaran sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat. Metode ini akan menuntut pemahaman siswa untuk menganalisa suku-suku di Indonesia yang ditayangkan oleh “Ethnic Runaway”. Suku-suku yang ditayangkan tersebut memberikan gambaran pada siswa bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat multidimensi identitas dan heterogenitas sosial, sehingga sangat menarik untuk dikaji. Proses pembelajaran dengan metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan tingkah laku dalam belajar sosiologi, dengan menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pada siklus I = 77,30 menjadi 81,09 pada siklus kedua. Dengan demikian metode tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dapat meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat.

Keywords: “Ethnic Runaway”, prestasi belajar, sosiologi

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andhy Surya Hapsara, SMA N 1 Sedayu

Sociology Teacher

Published
2016-05-02
How to Cite:
Hapsara, A. S. (2016). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI TUGAS MENONTON TAYANGAN “ETHNIC RUNAWAY” SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/11
Section
Research Articles
Abstract viewed: 100 times
PDF downloaded: 343 times