Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

  • Endang Sugiharyanti SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Eksplorasi ini berencana untuk lebih mengembangkan prestasi belajar pengganti yang diarahkan dengan penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Moodle E Learning. Ujian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan artikel pengujian siswa kelas XII TKR A SMK Negeri 1 Ponjong. Ujian diarahkan dalam 2 siklus, mulai dari menyusun, melaksanakan, memperhatikan, merefleksi, dan memodifikasi. Strategi dan perangkat berbagai informasi dimanfaatkan dalam eksplorasi ini adalah Instrumen soal (test) yang di upload di Moodle E Learning. Sedangkan untuk keterampilan writing dan speaking, peserta didik mengumpulkan tugasnya melalui alamat link google form. Selanjutnya penanganan informasi dilakukan secara kuantitatif dengan pemeriksaan informasi peserta didik yang memperoleh nilai KKM dan analisis nilai prestasi siswa biasa. Hasil Itulah yang ditunjukkan oleh penelitian belajar dengan penerapan model Project Based Learning berbantuan Moodle E Learning berhasil lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Project Based Learning berbantuan moodle E- Learning bekerja lebih Bagus. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris, dilihat dari persentase ketuntasan prestasi belajar pengetahuan 77%, selanjutnya persentase ketuntasan prestasi belajar writing 83% dan persentase ketuntasan  prestasi  belajar speaking meningkat menjadi 83%.

Kata Kunci: Project Based learning, Moodle e-learning, prestasi belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Endang Sugiharyanti, SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Endang Sugiharyanti, S.Pd. M.Pd. dilahirkan di Gunungkidul, 13 Maret 1974. Penulis adalah guru SMK N 1 Ponjong, mengampu mata pelajaran  Bahasa Inggris. Sehari-hari kegiatan utama penulis adalah seorang pengajar dan disela-sela rutinitas, penulis menuangkan masalah-masalah yang ditemui selama proses pembelajaran di dalam kelas  menjadi karya tulis  ilmiah,  dengan tujuan untuk memperbaiki model pembelajaran dan hasil  belajar peserta didiknya dalam belajar Bahasa Inggris. Penulis juga sering menuangkan artikel-artikel sederhananya yang dimuat di majalah Edukasi. Kebiasaan penulis juga sering menuangkan karya-karyanya melalui beberapa jurnal seperti  jurnal Dwija Guna PGRI Prop, Jurnal Edugy, Jurnal Media PGRI Kab. Gunungkidul. Penulis  dapat di hubungi melalui No. HP/ WA: 081802650187

Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212-220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1350 times
PDF downloaded: 1139 times

Referensi

Arikunto, Suharsini, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107-113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.144

Ibrahim, D. S. (2014). pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 2(1), 66-79.

In In Supianti. (2014). Penerapan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education, 4(1), 24-30.

Khoeron, (2014). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297.

Maghfiroh, L. W. (2016). Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Edukasi, 3(1), 5-11.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385-395.

Nuarta. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293.

Nugraha, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD." Kalam Cendikia PGSD Kebumen 6.(4.1), 9-15.

Noor, M. E. (2017). Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran berbasis projek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17-26.

Putra, (2015). Meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan mahasiswa melalui project Based Learning. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128-136.

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96.

Prasistayanti, N. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Pemrograman pada Siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138-155. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 246-252

Rezeki. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.

Riyanti, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 206-215.

Sitaresmi. (2017). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dab Prestasi Belajar pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 54-61.

Subekti. (2012). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Dalam Kerangka Laboratorium Teenzania Materi Trigonometri Kelas X. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology,1(2), 88-92.

Sudianto. (2018). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Project Based Learning berbantuan LMS Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10-17.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Yunita, L. (2017). Efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 1(1), 1-8.

Yusliani, E. (2019). Validitas, Realibitas, Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak.

Widayanti. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.