Peningkatan Self Regulation Learning melalui Layanan Bimbingan Belajar Daring Model STAD Berbantuan Media Thinglink

  • Malthelda Yulianti SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self regulation learning peserta didik melalui layanan bimbingan belajar daring model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media thinglink. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling (PTK BK) yang mengikuti model Stephen Kemmis dan Robin McTaggart, melalui tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Metode penelitian adalah observasi dengan menggunakan instrumen yang disusun peneliti dengan mengacu pada kajian teori yang digunakan. Teknik analisis data mengunakan teknik deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan belajar daring model STAD berbantuan media thinglink dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan self regulation learning peserta didik, pada aspek metakognisi sebelum tindakan berada pada posisi 77.20%, setelah tindakan siklus II menjadi 89.90% meningkat sebesar 12.70%.  Pada aspek motivasi sebelum tindakan 76.70% setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 87.40%, peningkatan pada aspek motivasi sebesar 10.70%. Selanjutnya pada aspek perilaku sebelum dilakukan tindakan sebesar 74% setelah tindakan siklus II menjadi 83.30%. Peningkatan indikator pada aspek perilaku meningkat 9.30%. Dari hasil penelitian tindakan kelas bimbingan konseling ini dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar daring model STAD berbantuan media thinglink dapat meningkatkan self regulation learning peserta didik kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Kata Kunci: self regulation learning, layanan bimbingan belajar daring, STAD berbantuan media thinglink

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Yulianti, M. (2022). Peningkatan Self Regulation Learning melalui Layanan Bimbingan Belajar Daring Model STAD Berbantuan Media Thinglink. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 114-123. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.340
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 566 times
PDF downloaded: 631 times

Referensi

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor: 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat penyebaran Corona VirusDisease. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumawardani dkk. (2018). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Semarang: Jurnal Ilmiah Sekolah dasar, 2(2), 170-174. https://ejurnal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Nasution, HS dan Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep dan Aplikasinya. Medan: LPPI.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Depok: Raja Grafindo Perkasa.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Savira F dan SuharsonoY. (2013). Self Regulated Learning (SRL) Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi. Malang: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66-75. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1358.

Shoimin, Aris. (2013). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Sugiono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2018). Cara Mudah Melakukan Penietitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Yasdar dan Muliyadi. (2018) Peningkatan Teknik Regulasi Diri (Self Regulation) Untuk Maningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edumaspul, 2(2), 51-60. https://ummaspul.e-jurnal.id

Zain Fuadi. (2020). Belajar Interaktif Menggunakan Thinglink. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=Wt94GBB6bXE