Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar FPB dan KPK melalui Pembelajaran Matematika Realistik

  • Sri Hartana SD Negeri Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo, DIY,  Indonesia

Abstrak

Target capaian penelitian ini untuk menjadikan siswa lebih aktif dan hasil belajar FPB dan KPK menjadi lebih baik dengan memberikan pembelajaran matematika realistik kepada siswa kelas IV SDN Ngentakrejo Kulon Progo tahun 2021 dan mendeskripsikan penerapan langkah-langkahnya. Siklus yang dirancang penelitian ini dilakukan dalam dua putaran yang dikemas menjadi lima pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan dengan mengadopsi pada skema Kemmis & Mc. Taggart yang memuat empat langkah dalam setiap putaran siklus. Penelitian ini menggunakan 26 siswa sebagai subjek yang dikenai tindakan. Data yang terkumpul melalui instrumen penelitian kemudian dianalisis untuk menghitung persentase keaktifan siswa dan seberapa banyak siswa yang tuntas belajar. Penerapan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik yang dilakukan dengan pemberian masalah kontekstual, penggunaan alat bantu pembelajaran, diskusi kelompok, diskusi kelas, membandingkan hasil diskusi, dan menarik kesimpulan terbukti dapat membuat keaktifan siswa dan hasil belajarnya menjadi lebih baik. Persentase keaktifan siswa tampak meningkat dalam siklus I pada tiga pertemuan berturut-turut sebesar 83,46%, 84,23%, dan 85%. Siklus II pada dua pertemuan berturut-turut, persentase keaktifan siswa sebesar 85,77% dan 88,08%. Sedangkan, persentase siswa tuntas belajar dalam siklus I pada tiga pertemuan berturut-turut sebesar 53,85%, 57,69%, dan 65,39%. Siklus II pada dua pertemuan berturut-turut, persentase siswa tuntas belajar sebesar 76,92% dan 84,62%.

Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, FPB dan KPK, pembelajaran matematika realistik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sri Hartana, SD Negeri Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo, DIY

Sri Hartana, S.Pd. lahir di Bantul pada tanggal 19 November 1972. Pendidikan yang pernah dijalani yaitu SD Negeri Ngaglik, Bantul (1985), SMP Muhammadiyah II Bambanglipuro, Bantul (1988), SMA Muhammadiyah I Bantul (1991), Diploma II PGSD Universitas Negeri Yogyakarta (2003), dan S1 PGSD Universitas Negeri Yogyakarta (2013). Diterima bekerja sebagai guru di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan bertugas di SD Negeri 2 Sremo, Kokap (2006-2012), SD Negeri Gegulu, Lendah (2012-2014), dan SD Negeri Ngentakrejo, Lendah (2014-sekarang). Pangkat dan golongan dalam kepegawaian saat ini Penata Tk. I,  III/d. Menikah dengan Dwi Nuryati (1999) dan dikaruniai 3 anak yaitu Indah Anggraini, Anggi Narimawati, dan Rizal Nandika. Penulis tinggal di Dukuh Sukun RT 061 RW-, Patalan, Jetis, Bantul dengan nomor telp/WA/telegram 082326797021.

Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Hartana, S. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar FPB dan KPK melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 99-105. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.322
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 336 times
PDF downloaded: 353 times

Referensi

Ahmad, S., dkk. (2020). Pendekatan Realistik dan Teori Van Hiele. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_Realistik_Dan_Teori_Van_Hiele/S-gaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=realistik+dee+publish&printsec=frontcover Diakses pada hari Senin tanggal 22 November 2021 pukul 09.27 WIB.

Alwi, M. (2021) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Siswa SMAN 9 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2). https://www.jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/591

Farida, T. (2009). Buku Pintar Matematika untuk SD. Solo: Bringin 55.

Hapsara, AS. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9-19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hartana, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip di Kelas IV SD Negeri Gegulu Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/15019/1/SKRIPSI%20SRI%20HARTANA%2010108247055.pdf Diakses pada hari Minggu tanggal 21 November 2021 pukul 22.11 WIB.

Himawati, E. (2011). Menghitung Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Jakarta: Be Champion.

Rismawan, W. (2013). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Keluarga dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa dengan Masalah Keperawatan: Isolasi Sosial di RSUD Kota Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 9(1). https://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/download/102/102.

Supatmono, C. (2009). Matematika Asyik; Asyik Belajarnya Asyik Mengajarnya. Jakarta: Grasindo. https://www.google.co.id/books/edition/Matematika_Asyik/zw5DFCbBPBgC?hl=id&gbpv=1&dq=catur+supatmono&pg=PR2&printsec=frontcover Diakses pada hari Senin tanggal 22 November 2021 pukul 09.30 WIB.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. https://www.google.co.id/books/edition/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SEKOLAH_DASAR/uc_oDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pembelajaran+Matematika+SD+erna+yayuk&printsec=frontcover Diakses pada hari Senin tanggal 22 November 2021 pukul 09.35 WIB.