Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kimia Asam Basa

  • Anisna Erni SMK Negeri 2 Pandeglang, Pandeglang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kimia Asam-basa, khususnya siswa kelas X APL 2 SMKN 2 Pandeglang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 5 tahapan yaitu; 1). Engage by oriented question. 2) Evidence 3) Explanation 4) Evaluation 5) Communication. Penelitian dilakukan dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yang terdiri dari tahap merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi. Perolehan data siswa didapat dari pengolahan nilai tes hasil belajar dan lembar observasi. Pada siklus 1 data hasil belajar yang diperoleh belum menunjukkan nilai hasil belajar yang signifikan dibanding hasil belajar pra penelitian. Perolehan data nilai hasil belajar pra penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah 35 siswa kelas X APL 2 yang mengikuti tes awal pra tindakan pencapaian ketuntasan KKM hanya 22,86% (8 orang siswa) dari 35 orang siswa, sedangkan angka ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 34.29% (12 orang siswa) dari 35 siswa. Persentase keaktifan siswa diperoleh 66, 81% dengan kategori cukup.  Pada siklus II nilai ketercapaian KKM meningkat mejadi 82,86%. (29 0rang siswa) dari 35 orang peserta didik. Persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat rata-rata 81% dengan kategori sangat baik, dengan demikian penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh nilai hasil belajar yang lebih baik dan meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X jurusan APL 2 SMK Negeri 2 Pandeglang.

Kata Kunci: asam basa, hasil belajar, inkuiri terbimbing

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Erni, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kimia Asam Basa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 25-30. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.312
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 811 times
PDF downloaded: 600 times

Referensi

Anas Sujono. (2003). Pengantar Statistik Pendikan. Jakarta: Grafindo

Azizah, M. N. (2022). Integrasi Critical dan Creative Thinking dalam Pemecahan Soal HOTS melalui Model SOLE pada Kaidah Pencacahan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 179-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.352

Gulo, W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hapsara, A. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Tugas Menonton Tayangan “Ethnic Runaway” SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/11

Ira Maya Tri Murningsih, Mohammad Masykuri, Bakti Mulyani, (2016). Meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/11196

Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya

Ni Made Kadek Sartini. (2020). Penggunaan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Tegallalang. Jurnal Suluh Pendidikan, 18(1). https://docplayer.info/212271631-Suluh-pendidikan-jurnal-ilmu-ilmu-pendidikan-vol-18-no-1-juni-2020.html

Rohmadi. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing. https://www.rohmadi.info/web/read/model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing/

Saidah, A., & Purba, M. (2002). Kimia Untuk SMK/MAK Kelas X . Jakarta: Erlangga.

Supardi, Arikunto, S., & Suhardjono. (2006). Bumi Aksara. Jakarta: Penelitian Tindakan kelas.

Steve Olson and Susan Loucks-Horsley, National Science Education Standard (2011). http://www.nap.edu/openbook.php),

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiryatun, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Pada Siswa Kelas XIAV4 di SMKN 3 Wonosari. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 121-132. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.76