Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kimia Asam Basa
Abstrak
Penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kimia Asam-basa, khususnya siswa kelas X APL 2 SMKN 2 Pandeglang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 5 tahapan yaitu; 1). Engage by oriented question. 2) Evidence 3) Explanation 4) Evaluation 5) Communication. Penelitian dilakukan dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yang terdiri dari tahap merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi. Perolehan data siswa didapat dari pengolahan nilai tes hasil belajar dan lembar observasi. Pada siklus 1 data hasil belajar yang diperoleh belum menunjukkan nilai hasil belajar yang signifikan dibanding hasil belajar pra penelitian. Perolehan data nilai hasil belajar pra penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah 35 siswa kelas X APL 2 yang mengikuti tes awal pra tindakan pencapaian ketuntasan KKM hanya 22,86% (8 orang siswa) dari 35 orang siswa, sedangkan angka ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 34.29% (12 orang siswa) dari 35 siswa. Persentase keaktifan siswa diperoleh 66, 81% dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai ketercapaian KKM meningkat mejadi 82,86%. (29 0rang siswa) dari 35 orang peserta didik. Persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat rata-rata 81% dengan kategori sangat baik, dengan demikian penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh nilai hasil belajar yang lebih baik dan meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X jurusan APL 2 SMK Negeri 2 Pandeglang.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Anisna Erni
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)