Hubungan Antara Stres Akademik dan Student Engagement Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

  • Rita Nunung Tri Kusyanti SMA Negeri 1 Tempel, Sleman, DIY,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan student engagement siswa SMA pada masa pandemi. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang negatif antara stres akademik dan keterlibatan siswa atau student engagement, artinya semakin tinggi stress akademik semakin rendah nilai student engagement. Subyek penelitian berjumlah 180 siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Tempel Sleman. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala stres akademik dan skala student engagement yang sudah diadaptasi dan dikembangkan oleh peneliti. Skala stres akademik memiliki koefisien reliabilitas 0,921 dan skala student engagement memiliki koefisien reliabilitas 0,738. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment Pearson karena sebaran data kedua variabel normal dan mempunyai hubungan yang linear. Hasil uji korelasi menggunakan uji korelasi product moment berdasarkan nilai signifikasi (2-tailed) adalah sebesar 0,599 > 0,05, berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel stres akademik dengan variabel student engagement.  Hasil nilai r hitung (Pearson correlation) adalah - 0,39 artinya nilai 0,39 tersebut lebih besar dari r tabel 0,148 maka kedua variabel stres akademik dan student engagement mempunyai hubungan, kekuatan hubungan stres akademik dan student engagement pada masa pandemi di SMAN 1 Tempel mempunyai hubungan yang rendah. Kedua variabel mempunyai hubungan yang negatif karena nilai Pearson correlation bertanda negatif artinya bila student engagement rendah maka stres akademik tinggi atau bila stres akademik rendah maka student engagement pada pembelajaran jarak jauh tinggi.

Kata Kunci: stres akademik, student engagement, masa pandemi covid-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Kusyanti, R. N. T. (2021). Hubungan Antara Stres Akademik dan Student Engagement Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 315-320. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.276
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1761 times
PDF downloaded: 2174 times

Referensi

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: Reneka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Durand, V. M, & Barlow, D.H. (2006). Essential of Abnormal Psychology. USA: Belmont. Soetjipto, H. P. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2020). LPPKSP. Jakarta: Kemendikbud.

Kusyanti R. N. (2021). Development of Interactive Digital Module Based on Virtual Laboratories in The Covid-19 Pandemic Era in Dynamic Fluid Materials. International Journal of Active Learning, 6(1), 41-48. DOI: https://doi.org/10.15294/ijal.v6i1

Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching: Theory and Practice. United Kingdom: Nelson Thornes ltd. M Khozim, 2011. Bandung: Nusa Media.

Lin, Y. M., & Chen, F.S. (2009). Academic Stress Inventory of Student at Universities and Collages of Technology. Word Transaction on Engginering and Technology, 7(2). http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.7,%20No.2%20(2009)/8-03-Lin-Y.M.pdf

Pinel, John. P.J. (2009). Biopsychology. Boston: Person. Soetjipto, H. P. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, W. K. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 15-21. Vol 2 No. 1 Oktober 2016.

Reeve, J., & Tseng, C. M. (2011). Agency as a fourth aspect of students’ engagement during learning activities. Contemporary Educational Psychology, 257-267.

Richard I. Arends. (2008). Learning to Teach. New York: McGraw Hill. Soetjipto, H. P. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarafino, E. P & Smith, T. W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interaction 7th Editon. United States of America: Wiley John Willy & Sons, Inc.

Sayekti, E. (2017). Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017. Disertasi, tidak dipublikasikan. IAIN Salatiga

Sinha, K. U., Sharma, V., & Mahendra K. (2001). Development of a scale for assessing academic stress: a preliminary report. Journal of the Institute of Medicine, 23(1&2), 105-112.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksana, B.Y. (2017). Hubungan antara stress akademik dan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Sanata Dharma.