Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19

  • Nur Rochmah Erinawati SMK Negeri 1 Samigaluh, Kulon Progo, DIY,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan adalah salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan kualitas hidup bangsa. Kualitas hidup bangsa dapat ditingkatkan melalui pembaharuan dalam pendidikan terutama dalam sistematika paradigm, yaitu dengan menerapkan pembelajaran life skill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran life skill di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan best practice. Sampel adalah siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Samigaluh Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi kegiatan life skill siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dilaksanakan dengan mengakumulasikan informasi yang diperoleh dari observasi dan hasil angket, setelah siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran life skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran life skill dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai Pancasila siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Samigaluh Kulon Progo. Ditunjukkan dengan persentase siswa yang melakukan kerjasama dan tolong menolong sebesar 97,2%, saling berbagi sebesar 97,2% dan bersikap rukun dengan teman dan orang-orang disekitarnya sebesar 86,1%. Nilai-nilai Pancasila ini tercermin dalam sikap gotong royong yang dilakukan siswa pada saat pandemic Covid-19 dengan membantu masyarakat yang sedang melakukan karantina mandiri melalui penyediaan kebutuhan pokok. Sikap gotong royong siswa dapat dilihat dari indikator adanya kesediaan siswa untuk bekerjasama dan saling tolong menolong, saling berbagi dan menjalin hubungan dengan teman serta orang-orang disekitarnya dengan rukun.

Kata Kunci: penanaman nilai-nilai Pancasila, pembelajaran life skill, pandemi Covid-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Erinawati, N. R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 7-12. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.232
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 432 times
PDF downloaded: 867 times

Referensi

Admin. (2020). BAZNAS Kota Yogyakarta Terima bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19 dari Yayasan AR Bawesdan. https://jogja.tribunnews.com/2020/04/12/baznas-kota-yogyakarta-terima-bantuan-untuk-warga-terdampak-covid-19-dari-yayasan-ar-baswedan

Asmaroini, Ambiro P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi. Citizenship: Jurnal pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2).

BHP UMY. (2020). Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Menangani Pandemi Covid-19 di Indonesia. https://www.umy.ac.id/peran-lembaga-swadaya-masyarakat-dalam-menangani-pandemi-covid-19-di-indonesia.html

Dewantara, A. (2017). Alangkah hebatnya negara gotong royong: Indonesia dalam kacamata Soekarno. Yogyakarta: Kanisius.

Khosiah, Nur. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi keislaman, 6(1).

Krisnamukti, B.P., Dhamayanti, K.G.H., Maharani, Y., Putri, S.A. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 66-72.

Nurdin, A. (2016). Pendidikan Life Skill dalam Menumbuhkan Kewirausahaan pada Peserta Didik pendidikan Nonformal Paket C. Tarbawi, 2(2), 109-118.

Octavian, Wendy A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 5(2).

Pratiwi, Riska. (2020). Dampak Vovid-19 bagi Masyarakat. https://www.rasio.co/dampak-covid-19-bagi-masyarakat/

Satria, Irwan. (2017). Model Pembelajaran Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pelajaran Kewarganegaraan melalui Pendekatan Contectual Teaching and Learning. Nuansa, 10(2).

Sulianti, Ani. 2018. Revitalisasi Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Life Skill. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2).

Susilo. (2007). KTSP: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim Pusat Studi Pancasila UGM. (2015). Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila: Pemberdayaan Masyarakat dalam kawasan Terluar, Terdepan dan Tertinggal. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UGM.

Utomo, E.P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS untuk membangun Modal Sosial Peserta Didik. JTP2IPS, 3(1).

Wahyuni, S dan Indrasari, D.Y. (2017). Implementasi Pendidikan Life Skill di SMK Negeri 1 Bondowoso. Jurnal Edukasi, 4(1).

Zainudin, M. (2016). Membangun Karakter Bangsa Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila dan Kearifan Lokal. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16-31. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/8