Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Offering Help Menggunakan Model Snowball Throwing

  • Endang Sugiharyanti SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dalam wujud Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebab terdapat permasalahan yang ditemukan penulis dalam pembelajaran Bahasa Inggris, yaitu persentase siswa yang mendapatkan nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang ditetapkan 75. Sehingga penulis dengan melaksanakan PTK ini diharapkan dapat tingkatkan hasil belajar peserta didik  yang diberi pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Offering Help dengan menggunakan model Snowball Throwing. PTK dilakukan di kelas XII TKR A SMK Negeri 1 Ponjong. Peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan 2 siklus, diawali dari perencanaan, penerapan, pengamatan, refleksi, serta perbaikan. Dalam kegiatan setiap  siklus peneliti melakukannya 2 kali pertemuan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Snowball Throwing berjalan lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase nilai ketuntasan peserta didik mengalami kenaikan 22% ditunjukkan pada siklus I rata-rata 71 dan pada siklus II rata-rata 78 sementara persentase peserta didik yang mendapat nilai belum tuntas mengalami penurunan. Di akhir penelitian tingkat ketuntasan peserta didik secara klasikal meningkat dari dari 68% menjadi 90%.

Kata Kunci: peningkatan, Snowball Throwing, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Sugiharyanti, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Offering Help Menggunakan Model Snowball Throwing . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 193-198. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.220
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 441 times
PDF downloaded: 661 times

Referensi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: CV Eko Jaya.

Djamarah, S. B. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. M. (1984). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Mursid, K. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 57-74.

Sabanna, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Gandapura. repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5985/.

Suri, N. A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing dengan Media Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 1 MI PLUS Walisongo Trenggalek. repo.iain-tulungagung.ac.id/5609/.

Kusumawati, N. ((2017)). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV sdn bondrang kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 2.1, 1-12.

Lestari, R. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Tematik Siswa MIN 2 Blitar. repo.iain-tulungagung.ac.id/16471/.

Wahyem, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VI SD Tulung Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 97-108. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/61