Implementation Project Based Learning Model Helped Moodle E-Learning to Improve Learning Achievement English

  • Endang Sugiharyanti SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstract

This study intends to further develop the learning accomplishment of understudies who are guided by the use of the Undertaking Based Learning model helped by Moodle E Learning. This exploration is a Classroom Action Research (CAR) with the object of examination being the understudies of class XII TKR A SMK Negeri 1 Ponjong. The examination was directed in 2 cycles, beginning from arranging, carrying out, noticing, reflecting, and modifying. The outcomes showed that advancing by applying the Project Based Learning model assisted by Moodle E Learning succeeded better. The outcomes showed that advancing by applying the Project Based Learning model assisted by Moodle E-Learning, succeeded better. This is confirmed by the expansion in learning accomplishment in English, seen from the percentage of mastery learning achievement in knowledge of 77%, then the percentage of completeness in learning accomplishment in writing 83% and the percentage mastery of speaking learning accomplishment increased to 83%.

Keywords: Project Based learning, Moodle e-learning, learning achievement

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Endang Sugiharyanti, SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Endang Sugiharyanti, S.Pd. M.Pd. dilahirkan di Gunungkidul, 13 Maret 1974. Penulis adalah guru SMK N 1 Ponjong, mengampu mata pelajaran  Bahasa Inggris. Sehari-hari kegiatan utama penulis adalah seorang pengajar dan disela-sela rutinitas, penulis menuangkan masalah-masalah yang ditemui selama proses pembelajaran di dalam kelas  menjadi karya tulis  ilmiah,  dengan tujuan untuk memperbaiki model pembelajaran dan hasil  belajar peserta didiknya dalam belajar Bahasa Inggris. Penulis juga sering menuangkan artikel-artikel sederhananya yang dimuat di majalah Edukasi. Kebiasaan penulis juga sering menuangkan karya-karyanya melalui beberapa jurnal seperti  jurnal Dwija Guna PGRI Prop, Jurnal Edugy, Jurnal Media PGRI Kab. Gunungkidul. Penulis  dapat di hubungi melalui No. HP/ WA: 081802650187

Published
2022-05-01
How to Cite:
Sugiharyanti, E. (2022). Implementation Project Based Learning Model Helped Moodle E-Learning to Improve Learning Achievement English. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212-220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364
Section
Research Articles
Abstract viewed: 1509 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 1273 times

References

Arikunto, Suharsini, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107-113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.144

Ibrahim, D. S. (2014). pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 2(1), 66-79.

In In Supianti. (2014). Penerapan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education, 4(1), 24-30.

Khoeron, (2014). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297.

Maghfiroh, L. W. (2016). Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Edukasi, 3(1), 5-11.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385-395.

Nuarta. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293.

Nugraha, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD." Kalam Cendikia PGSD Kebumen 6.(4.1), 9-15.

Noor, M. E. (2017). Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran berbasis projek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17-26.

Putra, (2015). Meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan mahasiswa melalui project Based Learning. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128-136.

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96.

Prasistayanti, N. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Pemrograman pada Siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138-155. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 246-252

Rezeki. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.

Riyanti, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 206-215.

Sitaresmi. (2017). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dab Prestasi Belajar pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 54-61.

Subekti. (2012). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Dalam Kerangka Laboratorium Teenzania Materi Trigonometri Kelas X. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology,1(2), 88-92.

Sudianto. (2018). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Project Based Learning berbantuan LMS Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10-17.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Yunita, L. (2017). Efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 1(1), 1-8.

Yusliani, E. (2019). Validitas, Realibitas, Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak.

Widayanti. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.