Sewing Training for Students with Hearing Disabilities: A Vocational Approach to Enhancing Work Transition Readiness
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pelatihan menjahit sebagai strategi vokasional untuk mendukung kesiapan transisi kerja pada siswa dengan disabilitas pendengaran. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bireuen, Indonesia, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan tiga guru keterampilan dan lima siswa tunarungu, didukung dengan observasi kelas dan analisis terhadap produk menjahit yang dihasilkan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran adaptif seperti demonstrasi visual, pemodelan langkah demi langkah, dan komunikasi nonverbal untuk menjawab kebutuhan belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan kepercayaan diri, motivasi, dan keterampilan teknis dalam menjahit, khususnya dalam pembuatan produk jilbab. Hasil penilaian produk menunjukkan tingkat kemahiran dalam kualitas jahitan, ketepatan, dan kerapian akhir. Meskipun terdapat tantangan komunikasi, baik guru maupun siswa menilai keterampilan menjahit sebagai kemampuan yang bermakna dan relevan untuk masa depan, baik untuk bekerja maupun berwirausaha. Studi ini menyimpulkan bahwa pelatihan vokasional berbasis visual berkontribusi signifikan terhadap pengembangan keterampilan sekaligus pertumbuhan psikososial. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi program praktik yang berpusat pada siswa dalam pendidikan khusus guna mempersiapkan peserta didik disabilitas menuju kemandirian dan partisipasi kerja yang inklusif.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Istiarsyah, Zakiah Ulfa, Eng Hock Kway

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

