Integrasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Farida Yuliana Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sekar Purbarini Kawuryan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fery Muhammad Firdaus Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Minat belajar merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran, terutama di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas IV dari dua sekolah dasar di Yogyakarta. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa pembelajaran inkuiri yang terintegrasi dengan nilai-nilai budaya lokal Yogyakarta, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar yang telah divalidasi dan memiliki reliabilitas tinggi (α = 0,842). Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dalam hal minat belajar siswa (p < 0,001). Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi kearifan lokal dalam model inkuiri efektif dalam meningkatkan perhatian, rasa ingin tahu, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal berkontribusi positif terhadap penguatan minat belajar siswa, dan layak dikembangkan sebagai pendekatan pedagogis yang kontekstual dan relevan secara budaya.

Kata Kunci: minat belajar, model inkuiri, kearifan lokal, siswa sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Farida Yuliana, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama saya Farida Yuliana, saat ini bekerja sebagai guru di Sekolah Dasar. Saya menyelesaikan pendidikan Magister Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta. Fokus penelitian saya adalah pada model pembelajaran inkuiri dan integrasi kearifan lokal dalam pendidikan dasar, khususnya dalam bidang IPA. Saya memiliki ketertarikan pada artikel ilmiah terkait inovasi pembelajaran dan pengembangan minat belajar siswa.

Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Yuliana, F., Kawuryan, S. P., & Firdaus, F. M. (2025). Integrasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1757-1761. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1923
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 167 times
PDF downloaded: 61 times

Referensi

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Fadilah, R. N., & Suryani, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 23- 30.

Gillies, R. M. (2020). Inquiry-based science education: Achievements and challenges. International Journal of Science Education, 42(4), 440–456.

Hidayati, S. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis budaya lokal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 157– 170.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Pearson.

Kemendikbudristek. (2021). Evaluasi pembelajaran nasional: Hasil Asesmen Nasional tahun 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. RajaGrafindo Persada.

Sari, R. P. (2019). Konteks budaya lokal dalam pembelajaran: Solusi terhadap kesenjangan kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 45–53.

Setiawaty, D., Subali, B., & Nurhayati, S. (2024). Efektivitas Augmented Reality pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 10(1), 55–68.

Slameto. (2020). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyudi, R. (2022). Nilai-nilai budaya Yogyakarta dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(1), 14–25.