Analisis Validitas Media Book Creator Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
Media pembelajaran merupakan sarana atau alat untuk menyampaikan informasi dari guru kepada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di beberapa sekolah dasar ditemukan permasalahan yaitu peserta didik mudah bosan dalam belajar serta guru mengalami kesulitan dalam memilih media belajar yang sesuai sehingga peneliti mengembangkan media belajar digital berbasis Book creator dengan tujuan bisa mengatasi permasalahan di sekolah dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji validitas Book creator dilakukan dalam 3 aspek yaitu aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa. Uji validitas materi memperoleh hasil 88% dengan kriteria sangat valid, uji validitas media memperoleh hasil 92% dengan kriteria sangat valid, dan uji validitas bahasa dengan hasil 86,67% dengan kriteria sangat valid. Perhitungan hasil akhir validitas memperoleh hasil 88,89% dengan kategori sangat valid. Sehingga media Book creator dapat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fajriah Okta Vera, Reinita Reinita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

