Analisis Validitas Media Book Creator Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar

  • Fajriah Okta Vera Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat,  Indonesia
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat,  Indonesia

Abstrak

Media pembelajaran merupakan sarana atau alat untuk menyampaikan informasi dari guru kepada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di beberapa sekolah dasar ditemukan permasalahan yaitu peserta didik mudah bosan dalam belajar serta guru mengalami kesulitan dalam memilih media belajar yang sesuai sehingga peneliti mengembangkan media belajar digital berbasis Book creator dengan tujuan bisa mengatasi permasalahan di sekolah dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji validitas Book creator dilakukan dalam 3 aspek yaitu aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa. Uji validitas materi memperoleh hasil 88% dengan kriteria sangat valid, uji validitas media memperoleh hasil 92% dengan kriteria sangat valid, dan uji validitas bahasa dengan hasil 86,67% dengan kriteria sangat valid. Perhitungan hasil akhir validitas memperoleh hasil 88,89% dengan kategori sangat valid. Sehingga media Book creator dapat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Book Creator, Validitas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-07-18
Bagaimana cara mengutip:
Vera, F. O., & Reinita, R. (2025). Analisis Validitas Media Book Creator Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1583-1588. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1874
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 199 times
PDF downloaded: 30 times

Referensi

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/2797/1959/

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469

Irwan, V. P., & Mansurdin. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097–2107. https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.

Nainggolan, M., Haryati, F., & Lubis, Z. H. (2024). Penerapan Media Games Blooket Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 066050 Medan. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 10(3), 441–450.

Pausa, R., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Journal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 2250–2253.

Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Sakti, A. B., & Purwowidodo, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Book Creator dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1395. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3574

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sulastri, J., Anita, Y., Reinita, R., & Ahmad, S. (2024). Pengembangan Media Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 349–368. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.3212

Suryanjani, S., Riyadi, R., & Usodo, B. (2019). The Description of Needs Analysis of Learning Tools Using A PBL (Problem Based Learning) Model to Improve Mathematical Problems Solving. 4–9. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286910

Syafra, R., & Putera, R. F. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Canva Berbasis Flipbook Di Kelas IV Sekolah Dasar. 09(04), 217–230.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602