Pengembangan Media Pembelajaran Digital pada Materi Gaya Berbasis Web untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

  • Ni Putu Liana Octavyanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar peserta didik terjadi karena kurang tersedianya media penunjang pembelajaran yang dapat menyenangkan dan meningkatkan semangat peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital berbasis web yang memenuhi validitas, kepraktisan, dan efektivitas dalam rangka meningkatkan prestasi belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) siswa kelas IV SD. ADDIEnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini. Learning Object Review Instrument (LORI) dipakai guna menguji validitas media dan konten. Selain itu, alat User Experience Questionnaire (UEQ) dipakai guna melaksanakan uji kepraktisan. Efektivitas dianalisis dengan uji-t satu ekor. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran digital dalam bentuk tautan yang berisi berbagai sumber, seperti permainan, film pembelajaran, dan soal penilaian, dalam format berbasis web. Nilai rerata untuk nilai validitas materi dan validitas media masing-masing ialah 4,6 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran digital berbasis web mendapat kualifikasi sangat praktis  dengan guru mendapatkan skor rerata 2,80, sedangkan siswa mendapatkan skor rerata 2,29. Dampak implementasi media pembelajaran digital berbasis web efektif meningkatkan prestasi belajar sains siswa kelas IV SD, terbukti dari thitung sejumlah 76,636, yang lebih tinggi dari ttabel sejumlah 2,051 pada uji efektivitas. Berdasarkan temuan berikut, bisa dikatakan bahwasannya media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran digital, web, IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-10-10
Bagaimana cara mengutip:
Octavyanti, N. P. L., Sanjaya, D. B., & Candiasa, I. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Digital pada Materi Gaya Berbasis Web untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1845-1852. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.1843
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 128 times
PDF downloaded: 62 times

Referensi

Andri, Z. Z. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 414-426. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.91

Anggrainy, S. (2024). Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(2), 105–109. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/72

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72–80. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/download/8204/pdf

Arindiano, R. Y. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siwa Kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 2(1): 2337-3520. https://media.neliti.com/media/publications/15947-ID-perancangan-media-pembelajaran-interaktif-matematika-untuk-siswa-kelas-5-sd.pdf

Arsana, M. N. I., & Aditya, A. (2024). Analisis User Experience (UX) pada Website Layanan Dkampus dengan Metode Cognitive Walkthrough (CW). Jurnal Simbolika, 10(1). https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.11607

Faizah, S. N (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. http://dx.doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Haris, D. D., & Lamada, M. S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva untuk Menarik Minat Belajar Siswa di UPT SD Negeri 30 Binamu. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 3(1), 14–18. https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/download/1204/1036/4636

Harta, G. W., Wahyuni, D. S., & Santyadiputra, G. S. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran Sablon Untuk SMK. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 182-92. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i2.35648

Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 70–73. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/785

Irawan, F. S., et al. (2024). Evaluasi User Experience Pada Website Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Jurnal Mnemonic, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v7i1.8874

Johanes, Z. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Website Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1 (2): 473-485. http://dx.doi.org/10.56248/educativo.v1i2.62

Kurniawati, E., & Ratnasari, C. I. (2023). Pengujian Pengalaman Pengguna (User Experience) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada Website Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. AUTOMATA: Dimensi Tugas Akhir Mahasiswa, 4(2). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/28653/15864

Mulyani, Meta & Wardani, Kiky Rizky Nova. (2022). Penerapan Metode Heuristic Evaluation Pada Analisis User Interface Website Simak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Mantik, 6(3), 2685-4236. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/2812/2231

Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333

Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu – Ilmu Keislaman, 3(22), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 455–466. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28217

Rachman, D. N. C. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Islah Sidowayah. (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang).

Schrepp, D. M. (2023). User Experience Questionnaire Handbook. Retrieved from UEQ Online: https://www.ueqonline.org/Material/Handbook.pdf

Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia. https://www.academia.edu/download/48802385/Pentingnya-Media-Dalam-Meningkatkan-Kualitas-Pembelajaran-Siswa-Di-Sekolah-Dasar.pdf

Suhendra, W. I., Arnyana, I. B. P., & Candiasa, I. M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Bahan Ajar Digital untuk Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1). https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/index

Sulaiman, A. W., & Saputri, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Gawai pada Pembelajaran Anak SD di Era Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Metode Project Based Learning. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 134–140. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.87

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II (1), 43-48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/download/6262/3180/18495

Suryandaru, Nugroho Adi, & Setyaningtyas, Eunice Widyanti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu 5(6), hlm. 6044-6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803

Trimansyah. (2021). Kecendrungan Media Pembelajaran Interaktif. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(1). https://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/311/203

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama