Pengembangan Media Pembelajaran Digital pada Materi Gaya Berbasis Web untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstrak
Rendahnya prestasi belajar peserta didik terjadi karena kurang tersedianya media penunjang pembelajaran yang dapat menyenangkan dan meningkatkan semangat peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital berbasis web yang memenuhi validitas, kepraktisan, dan efektivitas dalam rangka meningkatkan prestasi belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) siswa kelas IV SD. ADDIEnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini. Learning Object Review Instrument (LORI) dipakai guna menguji validitas media dan konten. Selain itu, alat User Experience Questionnaire (UEQ) dipakai guna melaksanakan uji kepraktisan. Efektivitas dianalisis dengan uji-t satu ekor. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran digital dalam bentuk tautan yang berisi berbagai sumber, seperti permainan, film pembelajaran, dan soal penilaian, dalam format berbasis web. Nilai rerata untuk nilai validitas materi dan validitas media masing-masing ialah 4,6 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran digital berbasis web mendapat kualifikasi sangat praktis dengan guru mendapatkan skor rerata 2,80, sedangkan siswa mendapatkan skor rerata 2,29. Dampak implementasi media pembelajaran digital berbasis web efektif meningkatkan prestasi belajar sains siswa kelas IV SD, terbukti dari thitung sejumlah 76,636, yang lebih tinggi dari ttabel sejumlah 2,051 pada uji efektivitas. Berdasarkan temuan berikut, bisa dikatakan bahwasannya media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ni Putu Liana Octavyanti, Dewa Bagus Sanjaya, I Made Candiasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












