Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament pada Pembelajaran IPAS terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar
Abstrak
Penelitian ini ingin tahu bagaimana metode pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) mempengaruhi partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPAS di kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol. Dalam penelitian ini, digunakan desain kelompok kontrol setelah perlakuan. Misalnya, 59 siswa yang diambil secara acak dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan TGT lebih aktif dan lebih sukses daripada siswa yang belajar dengan cara biasa. Penemuan ini mendorong penggunaan model TGT dalam mengajar IPAS untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Analisis MANOVA dalam studi ini mengungkapkan bahwa: (1) Statistik F total tercatat sebesar 0,999 dengan nilai signifikan 0,000. Karena nilainya kurang dari 0,05, ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap partisipasi belajar dan hasil belajar. Nilai penting yang didapat untuk Hasil Belajar adalah 0,000. Karena nilai ini kurang dari 0,05, artinya hipotesis nol (H0) ditolak. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang jelas dalam Hasil Belajar yang dipengaruhi oleh metode mengajar Model Pembelajaran TGT. Juga, angka signifikansi untuk Partisipasi Belajar adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti H0 ditolak, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang berarti dalam Partisipasi Belajar yang dipengaruhi oleh Model Pembelajaran TGT.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Putu Lely Somya Prabawati, I Nyoman Jampel, I Ketut Suma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

