Keefektifan Media Padlet dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Siswa Kelas VI SD Metro School Makassar

  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Abdul Azis Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan media Padlet dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen model non-equivalent control group design dengan populasi dan sampel adalah siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 60,74 pada pre-test menjadi 87,50 pada post-test, menunjukkan peningkatan sebesar 26,76 poin. Penurunan standar deviasi dari 11,61 menjadi 6,87 mengindikasikan kemampuan siswa menjadi lebih homogen setelah menggunakan media Padlet. Keefektifan media Padlet didukung oleh fitur-fitur yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif, umpan balik real-time, kemudahan dokumentasi digital, dan terciptanya lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Padlet efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil pengamatan pada siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar.

Kata Kunci: media Padlet, teks laporan hasil pengamatan, pembelajaran menulis, sekolah dasar, pembelajaran digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-21
Bagaimana cara mengutip:
Sudirman, S., Usman, U., & Azis, A. (2025). Keefektifan Media Padlet dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Siswa Kelas VI SD Metro School Makassar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1380-1385. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1822
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 13 times
PDF downloaded: 2 times

Referensi

Agustinalia, I. (2022). Mengenal dan Memahami Jenis-Jenis Teks. Graha Printama Selaras.

Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII), 1(6). https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.76

Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2022). Meracik Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Padlet Untuk Menulis Teks Eksplanasi. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22660

Crompton, H., & Burke, D. (2024). The Nexus of ISTE Standards and Academic Progress: A Mapping Analysis of Empirical Studies. TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-024-00973-y

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis . Rajawali Pers.

Darmawati, U. (2018). Eksiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia : Ragam Teks. Intan Pariwara.

Darmawati, U. (2019). Eksplanasi. Aksara Sinergi Media.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (A. Syadda, Ed.; 1 ed.). Kaaffah Learning Center.

Djumingin, S., Mahmudah, Syamsudduha, & Rosida, V. (2022). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Teori dan Penerapannya. Cahaya Bintang Cemerlang.

Evaline, F. P., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2024). Media Powtoon Pada Teks Eksplanasi. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(2), 81. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8750

Fristian, V. (2021). Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Padlet. SMP 5 Situbondo

Hadi, N., Hanafi, S., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614–8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839

Handini, R. M. (2023). The Effectiviness of Using Padlet as Learning Media. Proceeding of International Conference on Japanese Studies, Language and Education, 1(1), 60-70. Retrieved from https://proceedings.aspbji.id/index.php/icjsle/article/view/8

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra P, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Hasanah, M., Darojatul Umariyah, A., Nikmah, I., Yudha, S., Basuki, R., & Widodo, J. P. (2024). Inovasi Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Padlet Untuk Pengajar SDN Dukuhsari 1. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, volume 2, nomor 3, 154–160. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i3.404

Helaluddin, & Awaluddin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik (1 ed.). Media Madani. https://www.researchgate.net/publication/344235495

Indradi, A., & Purwahida, R. (2023). ESPS Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas VI (Novika, P. Pio, & Setepu Roy, Ed.). Penerbit Erlangga.

Irawan, R. N., Apriliya, S., & Putri, A. R. (2024). Analisis kebutuhan media pada pembelajaran teks eksplanasi di SD. Journal of Elementary Education, 07, 3.

Irwan Prabowo, & Heri Maria Zulfiati. (2023). Sejari Padlet (Semangat Belajar IPS Dengan Padlet). Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan , 2(1), 80–90. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i1.164

ISTE Standards for Students. (2023). https://padlet.com/placina/iste-standards-for-students-5m6iihaa5x81. https://padlet.com/placina/iste-standards-for-students-5m6iihaa5x81

Kiki Yuni Murtiyastuti. (2022). Pengaruh Media Powtoon dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Krembung. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.37

Kosasih. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Penerbit Yrama Widya.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.

Lailatul Aini, N., Haryati, N., & Bahasa, P. (2023). Penggunaan Media Microsoft Teams dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Kudus. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 2(1).

Lestyarini, B. (2019). Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 6 Genre Teks Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustofa, D. A. A., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2018). Efektivitas Media Tarik Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Di Kelas 4 SD. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Gajah Mada University Press.

Nurjannah. (2023). Pemanfaatan Padlet Sebagai Mading Digital Dapat Meningkatkan Minat Baca Siswa SMPN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(April 2023), 167–175. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa

Nurlina, A. H., Masruro, Z., Siti, Z., Saragih, R., Hasibuan, S. S., & Simamora, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (Rismawati N, Ed.). Widina Bhakti Persada . https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/528087-buku-ajar-belajar-dan-pembelajaran-62f6322b.pdf

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Permadi, T. (2023). Teks, Tekstologi, dan Kritik Teks. Universitas Negeri Bandung

Prasetyo, B., & Baehaqie, I. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Setiyaningsih, I. (2019). Laporan Hasil Obserbasi dan Laporan Percobaan. Aksarra Sinergi Media.

Setiyaningsih, I. (2022). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Intan Pariwara.

Simanjutak, G., Sinaga, S., & Sinaga, D. (2024). Canva sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur. Dalam Prosiding Seminar Nasional.

Siregar, R. A., & Mahrani, E. (2022). Keterampilan Menulis. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan Membaca dan Menulis (Yogyakarta). Penerbit K-Media.

Tarigan, H. G. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Digital). Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2024).

Wahyuni, F., Jais, M., & Nurdin. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 7 Sinjai. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2).

Widayati, Y. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar dengan Media Padlet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 2 Boyolangu. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol(4).