Keefektifan Media Padlet dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Siswa Kelas VI SD Metro School Makassar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan media Padlet dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen model non-equivalent control group design dengan populasi dan sampel adalah siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 60,74 pada pre-test menjadi 87,50 pada post-test, menunjukkan peningkatan sebesar 26,76 poin. Penurunan standar deviasi dari 11,61 menjadi 6,87 mengindikasikan kemampuan siswa menjadi lebih homogen setelah menggunakan media Padlet. Keefektifan media Padlet didukung oleh fitur-fitur yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif, umpan balik real-time, kemudahan dokumentasi digital, dan terciptanya lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Padlet efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil pengamatan pada siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas VI SD Metro School Kota Makassar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Sudirman Sudirman, Usman Usman, Abdul Azis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

