PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DARING SOSIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS INFOGRAFIS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi secara daring dengan menggunakan pendekatan problem posing berbasis infografis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes formatif, dan angket respon peserta didik. Subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas XII IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta yang berjumlah 32 orang. Data yang terkumpul dari instrumen penelitian disajikan dalam persentase setiap siklus, kemudian dianalisis untuk membandingkan data setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian tindakan berupa penyusunan media infografis pada proses pembelajaran daring sosiologi dapat meningkatkan hasil dan partisipasi belajar peserta didik. Rata-rata partisipasi belajar daring peserta didik pada siklus I sebesar 81.51%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90.36%. Tingkat ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 53.13% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90.63%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem posing berbasis infografis meningkatkan partisipasi dan hasil belajar daring pada peserta didik di kelas XII IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta.

Kata Kunci: partisipasi belajar, hasil belajar, pembelajaran daring, problem posing, infografis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Andhy Surya Hapsara, SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Guru Sosiologi

Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Hapsara, A. S. (2020). PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DARING SOSIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS INFOGRAFIS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1000 times
PDF downloaded: 1796 times

Referensi

Akay, H. (2010). The effect of problem posing oriented analyses ii course on the attitudes toward mathematics and mathematics self-efficacy of elementary prospective mathematics teachers Australian Journal of Teacher Education, 35(1), 57-75. Sutcu Imam University.

Brown, S.I., & Walter, M.I. (1990). The art of problem posing (2ndEd). New Jersey: Lawrence Erbaum Associates.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartanto, W. (2020). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Retrieved May 29, 2020 from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/ article/download/3438/2696.

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan Jb Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Pahlevi, Said Mirza, DR. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Silver, E.A. (1996). An analysis of arithmetic problem posing by middle school students. Journal for research in mathematics education 1996, vol.27, no 5 521-539. University of Pittsburgh.

Silver, E.A. (1996). Posing mathematical problems: An exploratory study. Journal for research in mathematics education 1996. Vol 27, No 3. 293-309. University of Pittsburgh.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumadi, Made. (2002). Mengoptimalkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik melalui Strategi Pengubahan Bentuk Soal yang digunakan sebagai Contoh dengan Metode Substitusi dan Eliminasi di Kelas 1 F SLTP N 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (Nomor 3 Tahun XXXXV). Halaman 6.

Susetyo, Bahruddin. (2015). Efektifitas Infografis sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS pada Peserta didik-Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Surabaya. STIKOM.

Suratinah, Tirtonegoro. (1984). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Wicandra, Obed Bima. (2006). Skripsi: Memahami Wacana Infografis. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.