Konseling Karier Model CASVE untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa

  • Rachel Devita Suharto Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • M. Ramli Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Adi Atmoko Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Salah satu pendekatan kognitif yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan pengambilan keputusan karier adalah dengan penerapan siklus CASVE berbasis teori CIP. Cognitive information processing merupakan teori perkembangan karier yang menyatakan dimensi pengolahan pemecahan masalah atau informasi. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah peserta didik kelas XII merasa kesulitan dalam pengambilan keputusan karier, namun pemecahan masalah karier pada dasarnya adalah proses kognitif yang menuntut individu untuk menentukan nasibnya sendiri dalam membuat pilihan karier. Sehingga,  tujuan penelitian ini adalah  mengkaji lebih dalam mengenai hasil penerapan CASVE berbasis teori CIP khususnya dalam bidang pengambilan keputusan karier siswa agar dapat menjadi layanan alternatif di sekolah. Metode penelitian Systematic  Literature  Review/SLR diterapkan dalam penelitian ini. Hasil yang didapat berupa 15 artikel didapat pada screening awal, namun hanya 10 artikel yang relevan dengan topik penelitian berdasarkan hasil telaah abstrak dan isi. Hasil kajian literatur dan kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan konseling karier model CASVE dengan teori CIP diprediksi mampu untuk membantu dalam pengambilan keputusan karier siswa. Namun, diperlukan penelitian lanjutan untuk dapat mengetahui secara pasti ada atau tidaknya pengaruh konseling karier model CASVE berbasis teori CIP dalam membantu pengambilan keputusan karier peserta didik.

Kata Kunci: Konseling Karier, Siklus CASVE, Pemrosesan Informasi Kognitif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Suharto, R. D., Ramli, M., & Atmoko, A. (2025). Konseling Karier Model CASVE untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 790-796. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1633
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 133 times
PDF downloaded: 118 times

Referensi

Aprial, D., & Irman, I. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Cognitive Information Processing Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Indonesian Psychological Research, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.29080/IPR.V4I2.750

Apriansyah, A., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.33369/CONSILIA.1.3.1-11

Aprillia, L., & Muslimah, S. R. (2024). Optimalisasi Bimbingan Karir dalam Menemukan Minat dan Bakat Bagi Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(1), 41–62. https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i1.33425

Aprinaldi, E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Super Life Span Theory and Its Implications in Career Guidance and Counseling in Schools. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 46–49. https://doi.org/10.24036/00575KONS2021

Aqmarina, F. N., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2017). Konseling Karir dengan Menggunakan Career Information-Processing Model untuk Membantu Career Decision-Making. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1265

Arofah, L., & Sancaya, S. A. (2022). Self Awareness: Suatu Kecakapan Yang Harus Dikuasai Dalam Pengambilan Keputusan Karier. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 907–914. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2412

Ashudi, A. M., Ramli, M., & Muslihati, M. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Quality of School Life Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XII di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 673–685. https://doi.org/10.17977/UM065V2I72022P673-685

Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021

Fausta, T. E., Herestusiwi, C. B. R., Ramli, M., & Wahyuni, F. (2022). Konseling Person Centered Dengan Nilai Budaya Minang dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 464–473. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/3108

Fausta, T. E., Muslihati, M., & Indreswari, H. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Bermuatan Nilai Kakawin Sutasoma untuk Mengelola Kebhinekaan Global Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(3). https://doi.org/10.51214/002024061118000

Gati, I., & Kulcsár, V. (2021). Making better career decisions: From challenges to opportunities. Journal of Vocational Behavior, 126, 103545. https://doi.org/10.1016/J.JVB.2021.103545

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Hanggara, G. (2024). Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(4). https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol1/iss4/17

Harahap, D. (2019). Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 172–186. https://doi.org/10.24952/BKI.V1I1.2288

Hayden, S. C. W., Osborn, D. S., Peace, C., Lange, R., Hayden, S. C. W., Osborn, D. S., Peace, C., & Lange, R. (2021). Enhancing agency in career development via cognitive information processing theory. British Journal of Guidance & Counselling, 49(2), 305–315. https://doi.org/10.1080/03069885.2020.1867703

Lent, R. W., & Brown, S. D. (2020). Career decision making, fast and slow: Toward an integrative model of intervention for sustainable career choice. Journal of Vocational Behavior, 120, 103448. https://doi.org/10.1016/J.JVB.2020.103448

Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan Bonus Demografi Dengan Teori Generasi. Jurnal Registratie, 1(1), 21–36. https://doi.org/10.33701/JURNALREGISTRATIE.V1I1.830

Mahmud, M. I., Noah, S. M., Ahmad, J., & Ahmad, W. M. W. (2017). Modul Kesediaan Kerjaya Berdasarkan Teori Cognitive Information Processing (CIP). JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 4(3), 59–76. https://mojem.um.edu.my/index.php/JUKU/article/view/8205

Milot-Lapointe, F., Savard, R., & Le Corff, Y. (2018). Intervention components and working alliance as predictors of individual career counseling effect on career decision-making difficulties. Journal of Vocational Behavior, 107, 15–24. https://doi.org/10.1016/J.JVB.2018.03.001

Muzdallifah, P. I., Suarti, N. K. A., & Rayani, D. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Mataram. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1759–1773. https://doi.org/10.33394/REALITA.V7I2.6222

Nisa, E. Z., & Wiryosutomo, H. W. (2018). Pengembangan Aplikasi Karier Model Cognitive Information Processing CIP untuk Perencanaan Studi Lanjut siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Panceng Gresik. Jurnal Bk Unesa, 8(2), 337–344. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/24585

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan Bk Karier. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/Q.V4I1P44-51.1709

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2021). Adopting a Cognitive Information Processing Approach To Increase Students’ Career Maturity. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 593–603. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.30209

Rakhmah, D. N. (2020). Memahami Generasi Pasca Millenial: Sebuah Tinjauan Praktik Pembelajaran Siswa. Masyarakat Indonesia, 46(1), 49–64. https://doi.org/10.14203/JMI.V46I1.866

Rini, F. S., & Setiawati, D. (2018). Pengembangan Buku Panduan Persiapan Karier Model Cognitive Information Processing (CIP) Untuk Siswa Kelas Xi Smk Dharma Wanita Gresik. Jurnal BK UNESA, 8(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/24579

Rosyidah, F. S., & Royanto, L. R. M. (2024). Pendekatan kognitif dalam membuat keputusan karier pada mahasiswa. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 12(2), 64–70. https://doi.org/10.22219/PROCEDIA.V12I2.30732

Sartinah, E. P., Wahyuni, E. N., & Budiati, E. F. R. (2023). CIP: an alternative career guidance model to improve self-understanding and work understanding for deaf students. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 11(2), 94. https://doi.org/10.29210/198700

Setiawati, D., Purwoko, B., Nursalim, M., & Pratiwi, T. I. (2019). Pelatihan Konseling Karier Career Information Processing (CIP) Bagi Guru Bk SMP Kota Mojokerto. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 3(1), 35–39. https://doi.org/10.26740/BIKOTETIK.V3N1.P35-39

Werner, B., Bullock-Yowell, E., Mohn, R., Leuty, M., & Dahlen, E. (2021). The Development of the CASVE-CQ: A CIP Perspective on Assessing Decision-Making Progress. Journal of Career Assessment, 29(4), 661–682. https://doi.org/10.1177/1069072721999317

Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills Dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(2). https://doi.org/10.24176/JKG.V2I2.700