Implementasi Tahfidz dengan Metode Muri-Q di Madrasah Qur’aniyah Fastabiqul Khoirot Kendal

  • Adelia Cahya Rizki Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada implementasi tahfidz dengan metode Muri-Q di Madrasah Qur’aniyah Fastabiqul Khoirot Kendal, yang menggabungkan ritme dan melodi, dinilai efektif dalam membuat proses menghafal lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode ini dapat meningkatkan kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai penerapan metode Muri-Q. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Muri-Q memberikan dampak positif terhadap peningkatan hafalan Al-Qur’an pada siswa. Penggunaan media audio visual seperti Youtube dan speaker sangat membantu siswa dalam memahami nada bacaan. Terdapat enam faktor pendukung yaitu: metode yang familiar, lingkungan belajar yang kondusif, pendekatan makharijul huruf dan hukum tajwid, pembagian berdasarkan usia, program unggulan, penggunaan media audio visual juga berkontribusi pada keberhasilan metode ini. Metode Muri-Q terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam metode pengajaran untuk mengatasi tantangan yang ada dan meningkatkan efektivitas metode Muri-Q.

Kata Kunci: metode Muri-Q, hafalan Al-Qur’an, Tajwid, Madrasah Qur’aniyah, Media pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Rizki, A. C., & Mustofa, T. A. (2025). Implementasi Tahfidz dengan Metode Muri-Q di Madrasah Qur’aniyah Fastabiqul Khoirot Kendal. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 783-789. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1606
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 76 times
PDF downloaded: 39 times

Referensi

Aziz, A. N. S., Lusiana, E., & Tri Utami, W. (2021). Implementasi Metode Talqin dan Nada Muri Q Terhadap Program Tahfidz di SDIT AL ISLAM Sine Ngawi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(2), 32–40. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.696

Faizin, M. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Habituasi di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang. Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 1(2), 63-78. https://doi.org/10.37985/hq.v1i2.12

Fatah Bintoro, A., Rosyadi, I., & Alqahoom, A. (2023). Muri-Q Method for Learning to Read, Memorize and Tahsin Al-Qur’an: A New Perspective. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism E, 1(3), 172–181. https://doi.org/10.61455/sujiem.v1i03.72

Fadlilah, K., & Sugiyar. (2022). Implementasi Metode Hanifida dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 87-98. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.908

Fauzan Islami, M., Nur Bouti, I., Klatina Putri, H., Ichsan Utama, F., Masduki, D., & Ahmad Dahlan, U. (n.d.). Internalisasi Nilai Religius melalui Hafalan Al-Qur’an di SMK 1 Pleret.

Hartono, S., Mukhlis Nasrullah, M., Soipon, A., & Darunnajah Bogor, S. (2024). Esensi Pendidikan Inspiratif Strategi Pembelajaran Tahfidz Dalam Meningkatkan Prestasi Santri Di Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Jornalpedia, 6(1), 176-185. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index

Istiqomah, R., Anam, N., Rusydi, M., & Yaqin, M. A. (2024). Penerapan Metode Talaqqi Oleh Tpmq (Tim Penjamin Mutu Al-Quran) Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Siswa. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1). Retrieved from https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/257

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Mubarokah, Syahratul. (2019). Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin Dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 1–17. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/161.

Munfaridatus Sholihah Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri Ponorogo, A., & Zakiya Maulida Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo, W. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter, 12, (1).

Mustofa, A. (2022). Penerapan Metode Murottal Irama Qur’an (Muri-Q) Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Di MTS Miftahul Ulum Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Safinah. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Darul Musthofa Nw Lombok Barat. Journal of Islamic Education Studies, VII(1). http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. https://www.researchgate.net/publication/344211045