Implementasi Tahfidz dengan Metode Muri-Q di Madrasah Qur’aniyah Fastabiqul Khoirot Kendal
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada implementasi tahfidz dengan metode Muri-Q di Madrasah Qur’aniyah Fastabiqul Khoirot Kendal, yang menggabungkan ritme dan melodi, dinilai efektif dalam membuat proses menghafal lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode ini dapat meningkatkan kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai penerapan metode Muri-Q. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Muri-Q memberikan dampak positif terhadap peningkatan hafalan Al-Qur’an pada siswa. Penggunaan media audio visual seperti Youtube dan speaker sangat membantu siswa dalam memahami nada bacaan. Terdapat enam faktor pendukung yaitu: metode yang familiar, lingkungan belajar yang kondusif, pendekatan makharijul huruf dan hukum tajwid, pembagian berdasarkan usia, program unggulan, penggunaan media audio visual juga berkontribusi pada keberhasilan metode ini. Metode Muri-Q terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam metode pengajaran untuk mengatasi tantangan yang ada dan meningkatkan efektivitas metode Muri-Q.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Adelia Cahya Rizki, Triono Ali Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

